Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Drone E-TLE Diujicobakan di Jepara

Drone E TLE Diujicobakan di Jepara Dua Pengendara Terciduk Melanggar

Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah uji coba tilang elektronik pakai drone di Jepara. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

Murianews, Jepara – Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) menggunakan drone diujicobakan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Senin (16/1/2023).

Uji coba dilakukan Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah di Simpang Tugu Kartini Jepara. Dua drone diterbangkan di atas Simpang Tugu Kartini Jepara.

Di tempat yang tak terlihat pengendara di jalan, drone dioperasikan untuk memantau ketertiban lalu lintas.

’’Tadi kami uji coba sepuluh menitan. Hasilnya ada dua pengendara yang melanggar aturan lalu lintas,’’ kata Kanit 6 Subdit Gakum Polda Jawa Tengah, AKP Tri Afandi saat di lokasi uji coba.

Baca: Uji Coba E-TLE Drone di Kudus, Sembilan Pelanggar Langsung Keciduk

Afandi mengatakan, Kabupaten Jepara menjadi kabupaten ketiga yang menjadi tempat uji coba. Rencananya, selama kurang lebih dua bulan ini, pihaknya akan melakukan uji coba serupa di seluruh Polres yang ada di Jateng.

Terkait dengan sistem tilang elektronik drone itu, Afandi menjelaskan secara umum tak jauh berbeda dengan tilang elektronik sebelumnya. Hanya bedanya pada alat. Drone dinilai bisa lebih efektif dalam menjangkau wilayah yang lebih luas.

Sebelumnya, Polisi masih menerapkan tilang elektronik dengan menggunakan kamera statis yang ditempatkan pada tiang di sudut jalan.

Selain itu, ada juga yang menggunakan kamera ponsel yang dioperasikan oleh anggota secara mobile.

’’Drone ini bisa lebih mobile, menjangkau jarak jauh,’’ ungkap dia.

Soal waktu penerapannya, Afandi mengatakan, saat ini masih menunggu arahan dari Direktur Lantas Polda Jawa Tengah.

Sementara ini, pihaknya masih terus melakukan uji ciba di berbagai daerah. Di sisi lain, saat ini Polda Jateng hanya punya tiga drone. Sedangkan, Polres-Polres belum memiliki.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.