Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Uji Coba E-TLE Drone di Kudus, Sembilan Pelanggar Langsung Keciduk

Polisi melakukan uji coba E-TLE drone yang dilakukan di Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Sembilan pelanggar lalu lintas tertangkap kamera E-TLE drone yang diuji coba di Perempatan Jalan Dr Loekmono Hadi – Dr Ramelan, Kecamatan Kota, Kabuparen Kudus, Senin, (16/1/2023) siang. Para pelanggar terdeteksi selama 15 menit drone beroperasi.

”Dari uji coba yang kami lakukan selama 15 menit tadi, kurang lebih ada sembilan pelanggar lalu lintas yang tertangkap kamera E-TE drone,” kata Kanit VI Subditgakkum Ditlantas Polda Jateng, AKP Tri Afandi, Senin (16/1/2023).

Para pelanggar lalu lintas itu, merupakan pengendara sepeda motor. Mereka melanggar jalur satu arah di Perempatan Jalan Dr Loekmono Hadi – Dr Ramelan menuju ke arah timur Gang 4, Kota, Kudus.

Para pelanggar ini nantinya akan masuk ke database unit Gakkum Satlantas Polres Kudus dan diproses melalui konfirmasi.

”Nanti ada konfirmasi dan verifikasi pengiriman ke alamat sesuai dengan pelat nomor kendaraan yang tertera. Kemudian diberikan surat tilang,” ungkapnya.

Baca: Polisi Uji Coba E-TLE Drone di Kudus

Sementara Kanit Gakkum Satlantas Polres Kudus Ipda Wahyu Agung menyebut, di Kudus saat ini ada lima E-TLE static yang tersebar di berbagai titik dan E-TLE mobile yang dilakukan dengan cara hunting.

Selain itu, Satlantas Polres Kudus juga sudah kembali memberlakukan tilang manual dengan cara hunting terhadap para pelanggar kasat mata. Sasarannya seperti tidak memakai helm, tidak ada pelat nomor, hingga penggunaan knalpot brong.

”E-TLE drone kami menunggu petunjuk pimpinan, karena memang operatornya harus ada sertifikasi untuk menerbangkan drone. Ini sudah dilakukan uji coba di Kudus, memberikan gambaran bagi anggota cara penggunaan E-TLE drone, dan untuk persiapan sertifikasi personel,” jelasnya.

Baca: Polda Uji Coba ETLE Via Drone di Exit Tol Tingkir Salatiga

Diharapkan, para pengguna lalu lintas bisa semakin sadar dan tertib mengikuti rambu dan aturan lalu lintas yang berlaku setelah adanya sejumlah program E-TLE dengan berbagai model dan penerapan tilang hunting oleh personel di lapangan.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.