Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sragen Alokasikan Rp 12,9 M untuk Bangun 3 Ruas Jalan Wisata Sangiran

Kondisi jalan penghubung Klaster Ngebung, Kecamatan Kalijambe dan Klaster Manyarejo, Kecamatan Plupuh, Sragen, rusak, Minggu (30/1/2022). (Espos/Wahyu Prakoso)

Murianews, Sragen – Pemkab Sragen mengalokasi Rp 12,9 miliar untuk pembangunan tiga ruas jalan wisata sangiran. Sesuai rencana, tiga ruas jalan di jalur antarklaster Museum Purbakala Sangiran itu akan dibangun tahun ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen, Raden Suparwoto menyebutkan, tiga jalan tersebut yakni jalan Kedungringin-Manyarejo dengan alokasi Rp 1,3 miliar, jalan lingkar Menara Pandang Sangiran dengan pagu Rp 7,8 miliar, dan jalan Ngebung-Manyarejo dengan anggaran Rp3,8 miliar.

”Ketiganya akan dianggarakan dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Total untuk tiga ruas jalan itu mencapai Rp 12,9 miliar,” katanya seperti dikutip Solopos.com, Senin (16/1/2023).

Baca: Ganjar Ingin Manusia Purba Sangiran jadi Karakter Game

Ia pun mengungkapkan, sebelum disetujui, pihaknya mengusulakan empat ruas jalan untuk diperbaiki. Hanya saja, yang disetujui cuma tiga. Satu ruas jalan yang belum bisa dibangun pada 2023 yakni jalan Krikilan-Kedungringin.

”Kalau usulan ada empat. Tapu untuk Jalan Krikilan-Kedungringin sepanjang 1,92 km yang diusulkan senilai Rp 6,6 miliar belum disetujui. Jalan itu akan kami usulkan lagi 2024 mendatang bersamaan dengan jembatan penghubung Bukuran-Manyarejo,” ujarnya.

Woto menerangkan ketiga ruas jalan tersebut akan dicor beton dengan lebar minimal empat meter. Konstruksi cor beton dipilih karena kondisi tanah di Sangiran labil. Jalan menara pandang yang ambrol itu juga masuk dalam pekerjaan itu.

Baca: Rezeki Nomplok! Dagangan Samiyem di Museum Sangiran Diborong Ganjar

DPU Sragen masih membuat detail engineering design (DED) proyek jembatan penghubung Manyarejo-Bukuran untuk diusulkan ke pemerintah pusat agar mendapat DAK.

Secara umum, pada 2023 ini Pemkab Sragen berencana pembangunan 28 ruas jalan, tiga jembatan, dan rehabilitasi satu jembatan. Proses lelang akan dilaksanakan pada akhir Januari 2023.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.