Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jatim

Polda Jatim Turunkan Tim Gegana Amankan Sidang Tragedi Kanjuruhan di PN Surabaya

Personel Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jawa Timur melakukan sterilisasi ruang sidang di Pengadilan Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Senin (16/1/2023). (Antara/Didik Suhartono)

Murianews, Surabaya – Polda Jatim menerjunkan Personel Detasemen Gegana Satbrimob sebelum sidang kasus tragedi Stadion Kanjuruhan di PN Surabaya, Senin (16/1/2023). Tim Gegana tersebut diterjunkan untuk melakukan sterilisiasi sebelum sidang dimulai.

Sesuai rencana sidang perdana digelar secara online atau daring pada pukul 10.00 WIB. Terdakwa tidak datang ke ruang sidang.

Melansir Antara, Tim Gegana Polda Jatim sudah melakukan sterilisiasi bersama dengan Polrestabes Surabaya. Puluhan personel menyisir semua sudut untuk memastikan keamanan jalannya sidang.

Sebelumnya, sebuah spanduk bertuliskan penolalan suporter Arema atau karip disapa Aremania untuk datang ke Surabaya terpampang di pagar PN Surabaya.

Satu spanduk kain tersebut menyampaikan sebuah tolakan Suporter Arema untuk datang di Surabaya mengikuti jalannya sidang kasus Kanjuruhan, hal itu disampaikan melalui tulisan di spanduk yang terbentang di atas tengah trotoar berikat di pohon, persis di depan gedung PN Surabaya.

Kabag Ops Polrestabes Surabaya, AKBP Toni Kasmiri, memastikan sidang bakal mendapat pengawalan dan pengamanan ketat. Termasuk mendatangkan tim dari Polda Jatim

Ia menjelaskan, ada sekitar 800 personel yang dikerahkan untuk pengamanan di sekitar PN Surabaya dan seluruh exit tol sebagai pintu masuk Surabaya.

”Seluruh titik-titik masuk ke Surabaya akan dilakukan penyekatan dan patroli,” ujarnya seperti dikutip Republika.

Selain itu, untuk pengamanan area PN Surabaya, juga dilakukan tiga lapis yang dibagi dalam tiga ring. Yakni ring dalam yang meliputi area dalam gedung PN Surabaya, ring 2 di depan Gedung PN Surabaya, dan ring 3 di samping kanan dan samping kiri gedung PN Surabaya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Antara, Republika

Ruangan komen telah ditutup.