Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Aceh

Analisis BMKG Soal Gempa 6,2 yang Menggungcang Aceh Singkil

Analisis BMKG Soal Gempa 62 yang Menggungcang Aceh Singkil

Foto: Ilustrasi gempa bumi (pixabay.com)

Murianews, Aceh – Gempa dengan Magnitudo (M) 6,2 mengguncang wilayah Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh pada Senin (16/1/2023) pukul 05.30 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 1,98° LU; 97,90° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 Km arah Tenggara Kota Singkil, Aceh pada kedalaman 54 km.

Daryono mengatakan, gempa bumi tersebut disebabkan dari aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia.

Baca: Aceh Singkil Diguncang Gempa dengan Magnitudo 6,2

”Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menujam ke bawah lempeng Eurasia,” katanya, mengutip laman resi BMKG.

Dia juga mengatakan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust).

Sementara itu BMKG melaporkan, hingga pukul 06.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kendati demikian, BMKG merekomendasikan agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Serta masyarakat diimbau menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: BMKG

Ruangan komen telah ditutup.