Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Posisi Paling Tepat untuk Pasang Action Cam di Helm

Ini Posisi Paling Tepat untuk Pasang Action Cam di Helm

Foto: Action cam helm (Sanwal Razzaq dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Keberadaan sepeda motor yang dipasangi action cam, kini sudah banyak dilihat di jalan raya. Piranti elektronik ini biasanya digunakan untuk mendokumentasikan momen sepanjang perjalanan yang dilalui.

Namun, ada juga yang sengaja memanfaatkan alat ini untuk bikin konten motovlog. Dengan action cam, pembuatan konten dari atas sepeda motor bisa dilakukan dengan mudah.

Selain ditaruh di kendaraan, action cam kini juga dipasang di helm. Meski demikian, agar pembuatan motovlog bisa lebih maksimal maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Mengenang Suzuki RGR 150, Motor Sport Legendaris yang Jadi Idola Anak Muda era 90an

Salah satunya adalah memasang action cam yang tepat sehingga bisa mendapatkan sudut pengambilan gambar terbaik. Tetapi, ternyata masih banyak bingung, di mana sebenarnya posisi yang paling tepat untuk meletakkan action cam tersebut.

Melansir dari Suzuki.co.id, Sabtu (14/1/2023), action camera memang sangat disarankan untuk dipasang dengan posisi yang tepat karena kamera itu sejatinya sama dengan mata penonton videonya nanti.  Ada beberapa posisi yang menjadi favorit, seperti di atas helm, di samping kanan atau kiri helm, atau di bagian dagu.

Namun, tidak ada posisi yang terbaik, semua itu tergantung pada sisi kenyamanan dan tujuannya. Tidak hanya itu, masing-masing  posisi tersebut juga punya kelebihan dan kekurangannya.

1. Samping Helm

Action cam bisa dipasang di bagian samping helm sebelah kiri atau kanan. Agar mendapat hasil terbaik, posisikan action cam sejajar dengan mata Anda sebagai pengendara. Pemasangan di samping ini memang lebih mudah, karena permukaannya rata. Tetapi ingat, helm akan menjadi berat sebelah dan ada bagian gambar yang akan tertutup dengan helm.

2. Atas Helm

Hasil gambar dengan posisi ini memang akan tampak penuh dan tanpa halangan. Tapi ada kekurangannya, yaitu posisi ini bisa mengganggu aerodinamika helm ketika motor melaju dalam kecepatan tinggi.

3. Dagu Helm

Posisi ini cukup pas untuk mendapatkan gambar, posisi kamera aman, dan juga helm akan terasa tetap seimbang. Namun sayangnya, posisi ini berisiko menghalangi ventilasi aliran udara ke dalam helm. Memasang action cam di samping atau atas helm biasanya untuk memperlihatkan pemandangan atau suasanan jalan. Sementara untu yang di posisi di dagu, umumnya kalau pengendara ingin memperlihatkan angka atau kecepatan motor pada speedometer.

Setelah membaca penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa, dipasang di mana pun ada kelebihan dan kekurangannya. Yang terpenting adalah perhatikan perekat yang dipakai. Jangan sampai action camera terlepas ketika dipakai di perjalanan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: Suzuki.co.id

Ruangan komen telah ditutup.