Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sidang Tragedi Kanjuruhan, Mahfud MD: Harusnya Terbuka Untuk Umum

Sidang Tragedi Kanjuruhan Mahfud MD Harusnya Terbuka Untuk Umum

Tragedi Kanjuruhan Malang membuat 127 orang meninggal. Kejadian memilukan ini terjadi menyusul kekalahan Arema FC dari Persebaya. (tangkapan layar)

Murianews, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan jika sidang tragedi Kanjuruhan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, seharusnya digelar secara terbuka untuk umum.

Hal ini menanggapi isu terkait suporter arema yang tidak boleh menyaksikan jalannya persidangan oleh PN Surabaya dan pihak kepolisian.

Selain itu, wartawan yang melakukan peliputan juga dibatasi dan tidak boleh menyairakn langsung.

BacaAremania Desak Sidang Tragedi Kanjuruhan Disiarkan Langsung

Mahfud mengatakan, seharusnya sidang itu terbuka untuk umum. Dia menilai setiap orang boleh menyaksikan jalannya sidang asal menjaga ketertiban.

”Itu ada aturannya, kalau nonton sidang kan boleh, sidang itu terbuka untuk umum, yang penting tertib, aman,” ujarnya, mengutip CNNIndonesia.com, Sabtu (14/1/2023).

Namun, Mahfud kemudian menimpali apakah sidang tragedi Kanjuruhan di PN Surabaya itu akan dilakukan secara tertutup atau terbuka untuk umum. Dia menilai jika yang menentukan itu adalah majelis hakim.

”Apanya yang tertutup, ndak ada. Ndak tau, urusan hakim itu ya. Saya ndak tau, kan hakim yang menentukan terbuka dan tertutup,” lanjut Mahfud.

BacaKorban Tragedi Kanjuruhan Tagih Janji Kapolri

Mahfud mengaku tak tahu mengapa majelis hakim PN Surabaya menerapkan pembatasan demi pembatasan, pada pelaksanaan sidang kasus yang menewaskan 135 korban jiwa itu.

”Tanya ke pengadilan, kalau saya memutuskan nanti ndak boleh,” Aterangnya..

 

Penulis: Cholos Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Ruangan komen telah ditutup.