Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Begini Doa Imlek Warga Tionghoa Jepara di Tahun Kelinci Air

Begini Doa Imlek Warga Tionghoa Jepara di Tahun Kelinci Air

Warga Tionghoa membersihkan abu peribadatan jelang perayaan Imlek. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

Murianews, Jepara – Imlek 2023 ini merupakan tahun shio kelinci air. Shio ini dimaknai warga tionghoa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dengan sejumlah hal.

Sekertaris Yayasan Pusaka Klenteng Hian Thian Siang Tee, Suwoto Bodivinyana mengatakan, shio kelinci punya keunikan dan ciri khas tersendiri.

Ia menyebut, tiap tahun kelinci, tak ada hujan yang menyertai saat perayaan imlek. Itu lantaran, kelinci memiliki karakter yang tidak suka dengan air. Karakter ini berbeda dengan shio lainnya.

’’Kami tahu, padahal biasanya kalau menjelang Imlek selalu hujan. Karena ini shio kelinci, jadinya tidak hujan. Kalau Shio lain pasti hujan,’’ kata Suwoto kepada Murianews, Sabtu (14/1/2023).

Meski begitu, Suwoto melanjutkan, pada tahun kelinci hasil bumi atau pertanian akan bagus sepanjang tahun. Kondisi ini dinilai sangat cocok bagi para petani.

Baca: Jelang Imlek, Klenteng Tertua Jepara Dipercantik

Kemudian, Suwoto menyebut pada tahun kelinci ini, stabilitas politik dan pemerintahan cenderung tenang. Meskipun memasuki tahun politik, namun situasinya tidak terlalu panas.

Suwoto mengatakan, kondisi itu bisa terwujud manakala para pembesar atau politisi besar di negara ini mau saling rangkulan.

’’Saya berdoa mudah-mudahan mereka (para politisi besar negara, red) bisa saling merangkul. Dalam menentukan calon Presiden harus dengan tepat. Jangan sampai timbul yang tidak genah (buruk, red),” tutur Suwoto.

Ia berharap, warga bisa meniru sifat dan kerakter kelinci. Di mana, kelinci memiliki jiwa yang lembut dan tidak mau bertarung.

Kelinci juga disebutnya sebagai binatang yang tidak mau mencari masalah, sederhana, dan secukupnya dalam mencari makan. Kemudian, pandai menyembunyikan rahasia yang tidak semestinya diketahui khalayak.

’’Kita tahu, kelinci itu makannya sedikit. Itu wujud ketidakserakahan kelinci terhadap apa yang dihadapinya. Dan itu harus kita teladani,’’ tutur Suwoto.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.