Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Usir Bosan saat Banjir, Warga Banjarsari Pati Buka Jasa Susur Desa Naik Perahu

Usir Bosan saat Banjir Warga Banjarsari Pati Buka Jasa Susur Desa Naik Perahu

Warga memanfaatkan perahu untuk jasa susur desa. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Bencana banjir di Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, membuat sejumlah warga menganggur. Sebab, rumah mereka dan lahan persawahan tergenang banjir.

Mereka pun harus berpikir kreatif agar ekonominya tak lumpuh gegara banjir. Sejumlah warga pun kemudian membuka jasa susur desa dengan perahu.

Cara itu dilakukan agar warga tak bosan lantaran tak ada kesibukan. Perahu-perahu yang biasa digunakan untuk menyusuri Sungai Juwana itu kemudian dimanfaatkan.

Pemilik perahu mengenakan tarif Rp 10 ribu untuk setiap orang yang ingin melihat kondisi banjir di sana. Diharapkan upaya ini bisa sedikit meringankan beban korban banjir.

Baca: Tarian Indah Siswa SMPN 1 Gunungwungkal Pati di Atas Muria

’’Setiap orang ditarif Rp 10 ribu. Ini diajak keliling ke Dukuh Biteng, Desa Banjarsari. Biar tahu keadaan banjir,’’ ujar salah satu warga yang membuka jasa susur desa, Kadar.

Puluhan perahu disiapkan untuk melayani pengunjung. Satu perahu bisa mengangkut 10 orang dengan dua pengemudi. Perahu di jalankan secara manual. Jarak tempuh yang diperlukan untuk menyusuru desa ini kurang lebih 20 menit.

Salah satu pengunjung yang menggunakan jasa itu, Najwa menilai tarif Rp 10 ribu untuk waktu 20 menit tidak mahal. Ia pun berharap warga yang terdampak banjir dapat tegar.

’’Saya kira tidak mahal. Pemilik perahunya juga mengayuh perahunya cukup berat karena melawan arus banjir,’’ kata dia.

Diketahui, banjir yang menggenangi Desa Banjarsari sudah terjadi sejak Sabtu (31/12/2022). Banjir ini menerjang ratusan rumah dan puluhan hektare lahan persawahan.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, kerugian akibat banjir ini mencapai Rp 1,1 miliar.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.