Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Anwar Ibrahim Janji Selesaikan Masalah TKI di Malaysia Selama 3 Bulan

Anwar Ibrahim Janji Selesaikan Masalah TKI di Malaysia Selama 3 Bulan

Jokowi saat menerima kunjungan Anwar Ibrahim (Tangkapan Layar)

Murianews, Jakarta – Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim berjanji kepada pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan masalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Malaysia dalam rentan waktu tiga bulan.

Dia juga mengakui jika masalah TKI di Malaysia ini cukup sensitif yang dapat melukai masyarakat Indonesia.

”Saya pikir beri (waktu) 2-3 bulan saya mampu (menyelesaikan masalah TKI),” kata Anwar mengutip CNNInndonesia.com, Sabtu (14/1/2023).

Oleh sebab itu, dia mengusung digitalisasi sebagai upaya yang dinilai efektif menyelesaikan perkara tersebut.

”Kita akan perbaiki proses ini dan Insya Allah dengan digitalisasi dan peraturan hukum (untuk) menghentikan segala bentuk penyiksaan dan mengambil tindakan yang keras terhadap pelanggaran hukum,” ujar Anwar.

Baca: Jokowi dan Anwar Ibrahim Sepakati Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia

Anwar Ibrahim sebelumnya mengungkap tentang biaya penyaluran TKI ke Malaysia yang terlampau tinggi. Hal itu dikarenakan berbagai hal, termasuk prosesnya yang masih manual. Sehingga pihaknya berencana untuk membuat digitalisasi.   

Selain itu, Anwar Ibrahim mengaku juga akan membuat aturan keras bagi para pelaku kekerasan terhadap TKI di Negeri Jiran.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Ruangan komen telah ditutup.