Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jateng

Polda Uji Coba ETLE Via Drone di Exit Tol Tingkir Salatiga

Aparat Ditlantas Polda Jateng saat mencoba ETLE Drone di Exit Tol Tingkir, Salatiga, Jumat (13/1/2023). (Solopos.com-Hawin Alaina)

Murianews, Salatiga — Polda Jateng mengujicobakan sistem tilang elektronik atau ETLE menggunakan pesawat tanpa awak atau drone di Exit Tol Tingkir, Kota Salatiga. Langkah ini dilakukan untuk melihat kepatuhan aturan lalu lintas yang dilakukan warga.

Kanit 5 Sigar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng, Iptu Doohan, mewakili Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho, mengatakan uji coba penerapan ETLE Drone di Exit Tol Tingkir Salatiga dilakukan Jumat (13/1/2023) kemarin.

Baca: Tilang ETLE di Jepara Muncul Banyak Masalah

”Dari uji coba sekitar 20 menit saja kita bisa bisa mendapatkan banyak pelanggar lalu lintas, seperti tidak memakai helm dan sabuk keselamatan. Nantinya, akan langsung kami lakukan verifikasi dan pemberian tilang (bukti pelanggaran),” katanya seperti dikutip Solopos.com, Sabtu (14/1/2023).

Ia menyebutkan, dalam uji coba ini pihaknya bekerja sama dengan Asosiasi Drone Indonesia untuk menerbangkan drone. Saat ini sudah ada tiga anggota yang sudah tersertifikasi untuk menerbangkan drone dalam penerapan ETLE drone.

”Ada tiga personel yang tersertifikasi dan akan berkembang sedemikian rupa. Rencana ini juga akan dikembangkan oleh seluruh jajaran Polda Jateng di tingkat polres,” jelasnya.

Mekanisme ETLE drone ini sama dengan ETLE statis maupun mobile, namun dapat melihat para pelanggar yang tidak terdeteksi ETLE statis.

Baca: Banyak yang Belum Tahu, Ini Pelanggaran yang Direkam Kamera ETLE Beserta Dendanya

”Jika ada pengendara yang melakukan pelanggaran dan berada di sela kendaraan dan terlihat, maka dapat langsung dilakukan penindakan melalui ETLE Drone,” ujarnya.

Selain itu kata Doohan, ETLE drone ini juga akan digunakan untuk memantau arus jalan. Namun apabila ada pelanggaran di jalan, bisa juga untuk menindak dan langsung difoto oleh drone tersebut.

Diakuinya banyak pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan di jalan. Dengan uji coba penerapan ETLE drone ini diharapkan mampu meminimalisasi pelanggaran lalu lintas serta kecelakaan di jalan raya.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Ruangan komen telah ditutup.