Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pasar Imlek Pati Sudah Dibuka, Ada Apa Aja Ya?

Pasar Imlek Pati Sudah Dibuka Ada Apa Aja Ya

Suasana Pasar Imlek Bumi Mina Tani, Kelenteng Hok Tik Bio, Pati, Jawa Tengah.  (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Pasar Imlek Bumi Minta Tani di Kompleks Kelenteng Hok Tik Bio Pati muali dibuka. Sepanjang Jalan Dr Setia Budi dan Jalan MH Tamrin pun dipenuhi tenda UMKM.

Ketua Umum Kelenteng Hok Tik Bio Pati, Edy Siswanto mengatakan, Pasar Imlek Pati digelar hingga 23 Januari 2023. Ia yakni kemeriahannya bisa jadi daya tarik wisata di Kabupaten Pati.

Ada 97 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berjejer di sana. Mereka menjajakan aneka kuliner makanan maupun minuman serta beragam mainan.

Para pengunjung bisa menikmati berbagai kudapan. Mulai dari sate cumi dan gurita, baby crab, jajanan tradisional, lontong cap go meh, dan berbagai jenis kuliner lain.

’’Pasar Imlek ini jadi salah satu daya tarik wisata di Pati. Pasar Imlek kali ini diikuti 97 pelaku UMKM dari Pati maupun luar Pati,’’ tutur dia.

Baca: Catatan Sejarah Tanggal 9 April: Presiden Abdurrahman Wahid Jadikan Tahun Baru Imlek sebagai Hari Libur Fakultatif

Dijelaskan, Pasar Imlek ini merupakan festival yang rutin digelar menjelang Tahun Baru Imlek. Kegiatan ini sempat vakum pada 2020 dan 2021 lantaran adanya pandemi Covid-19.

Selain menggelar Pasar Imlek Bumi Mina Tani, pihaknya juga bakal menggelar berbagai pertunjukan kesenian. Rencananya, pertunjukan digelar pada puncak perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili yang jatuh pada 22 Januari 2023.

Kelenteng Hok Tik Bio Pati bakal menyelenggarakan pawai atau kirab budaya yang diikuti puluhan penampil. Mulai dari barongsai, peragaan kostum hingga drum band. Diharapkan masyarakat bisa menikmati Pasar Imlek Bumi Mina Tani dan kirab budaya mendatang.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.