Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Banjir Kudus Mulai Surut, Pengungsi Berangsur Kembali ke Rumah

Anggota Polres Kudus ikut membantu memulangkan pengungsi banjir di Kudus beberapa waktu lalu. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Kudus – Jumlah pengungsi akibat banjir yang terjadi di empat kecamatan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai berangsur turun. Itu dikarenakan sebagian wilayah tergenang banjir sudah mulai surut.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, pengungsi dari Kecamatan Jati yang paling banyak mengalami penurunan. Di mana pada Kamis (12/1/2023) jumlahnya masih ada di 500 jiwa, kini tersisa 388 jiwa.

Kemudian penurunan signifikan juga terjadi di Kecamatan Mejobo dan Kaliwungu yang saat ini sudah tidak ada lagi pengungsi.

Untuk pengungsi di Kecamatan Undaan, jumlahnya masih cenderung stagnan. Di mana ada sebanyak 371 jiwa yang kini mengungsi di dua lokasi berbeda.

Baca: Sungai Wulan Kudus Akan Dinormalisasi, Menteri Basuki Siapkan Rp 1,4 Triliun

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus Mundir mengungkapkan, banyak wilayah tergenang di Kudus memang mulai surut seiring dengan normalnya debit air Sungai Wulan. Desa-desa terdampak seperti Setrokalangan, Pasuruhan Lor yang sebelumnya tergenang kini juga sudah kering.

Sementara desa-desa terdampak berat seperti Jati Wetan dan Karangrowo saat ini juga sudah mulai berangsur surut. ”Jika cuaca terus aman terkendali maka surutnya akan lebih cepat,” ungkap Mundir.

Di Kecamatan Jati kini sudah terpasang tujuh pompa penyedot air guna mereduksi genangan di daerah cekungan itu. Pintu saluran air Sungai Wulan juga telah dibuka.

Baca: Pemkab Kudus Tetap Minta Dua Embung untuk Atasi Banjir

Subkoordinator Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kudus Munadji menambahkan, jika kondisi cuaca terus membaik, maka diperkirakan pengungsi akan semakin berkurang di akhir pekan ini.

”Beberapa lokasi yang masih cukup banyak pengungsinya ada di Balai Desa Jati Wetan, Karangrowo, Gereja Tanjungkarang, dan aula DPRD. Namun kalau cuacanya sudah baik, akan ada penurunan pengungsi lagi hari ini,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.