Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Lansia Jadi Prioritas Pemberangkatan Haji, Kemenag Segara Rapat dengan DPR

Lansia Jadi Prioritas Pemberangkatan Haji Kemenag Segara Rapat dengan DPR

Foto: Ilustrasi suasana Masjidil Haram (Gambar oleh Konevi dari Pixabay)

Murianews, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) RI telah mendapatkan kuota haji 100 persen dari Pemerintah Arab Saudi untuk tahun ini. Rencananya, lansia akan menjadi prioritas untuk pemberangkatan.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, dengan kuota penuh itu pihaknya akan segara rapat dengan Komisi VIII DPR RI untuk prioritas pemberangkatan, khususnya bagi jemaah lansia.

Menurutnya, pada tahun 2022 banyak jemaah lansia yang tertunda keberangkatannya karena aturan pembatasan umur. Selain itu, banyak juga jemaah lunas tunda yang belum berangkat karena pembatalan keberangkatan pada musim haji 2020 dan 2021.

Baca: Kuota Sudah Ditetapkan, Kemenag Kebut Persiapan Haji

Alhamdulillah tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia sehingga jemaah lansia juga bisa berangkat. Saya sudah meminta kepada seluruh jajaran Ditjen PHU untuk mempersiapkan beragam skema dan mekanismenya sejak awal, termasuk mempersiapkan para petugas yang profesional dalam memberikan layanan kepada jemaah,” terangnya.

Kuota haji Indonesia pada tahun 2023 telah ditetapkan sebesar 221.000 jemaah. Jumlah ini terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus.

Baca: Catat! Ini Syarat dan Tanggal Pendaftaran 190 Calon Petugas Haji di Jateng

”Kita masih terus berikhtiar agar mendapat tambahan kuota. Komunikasi dengan pihak Kementerian Haji dan Umrah Saudi terus dilakukan. Insya Allah peluang penambahan masih ada,” imbuhnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kemenag.go.id

Ruangan komen telah ditutup.