Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kuota Sudah Ditetapkan, Kemenag Kebut Persiapan Haji

Kuota Sudah Ditetapkan Kemenag Kebut Persiapan Haji

Menag Yaqut saat memberikan souvenir kepada perwakilan pemerintah Arab Saudi (Dok.Kemenag)

Murianews, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) tengah mengebut segala  proses persiapan ibadah haji tahun 2023. Hal ini lantaran pemerintah Arab Saudi telah menetapkan kuota jemaah haji untuk Indonesia.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, saat ini sudah ada kejelasan terkait kuota haji Indonesia. Sehingga selama proses persiapannya bisa dilakukan.

Alhamdulillah, kunjungan kerja saya ke Arab Saudi berjalan lancar. Sekarang sudah ada kejelasan kuota haji, kita akan kebut persiapan untuk bisa memberikan layanan terbaik kepada jemaah haji,” katanya, mengutiplaman resmi Kemenag, Sabtu (14/1/2023).

Baca: Menag Yaqut Harap Kuota Haji Indonesia Bisa Lebih dari 100 Persen

Menurutnya, meski penetapan kuota dilakukan lebih awal, namun waktu yang tersedia juga tidak banyak. Apalagi, tahun ini adalah kali pertama penyelenggaraan ibadah haji dengan kuota normal setelah pandemi.

”Senin kita akan gelar rapat koordinasi dengan Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) dan jajaran terkait untuk membahas langkah-langkah strategis dalam penyelenggaraan ibadah haji 2023,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan segera melakukan rapat kerja dengan Komisi VIII DPR untuk menentukan besaran biaya haji tahun ini.

Baca: Kemenag Jateng Buka Lowongan 190 Petugas Haji, Semua Online

”Sebab, Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji juga harus segera ditetapkan agar jemaah bisa segera melakukan pelunasan. Insya Allah raker dengan Komisi VIII DPR dijadwalkan 19 Januari 2023,” sambungnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kemenag.go.id

Ruangan komen telah ditutup.