Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catat! Ini Gerakan Senam yang Ampuh untuk Turunkan Berat Badan

Catat Ini Gerakan Senam yang Ampuh untuk Turunkan Berat Badan

Foto: Ilustrasi senam (pixabay.com)

Murianews, Kudus – Bagi sebagian orang ada yang merasa stress ketika merasa sudah kelebihan beran badan atau overweight. Akhirnya, mereka inipun berupaya keras untuk menurunkan berat badannya.

Tidak sedikit di antara mereka ini yang rela menghabiskan banyak biaya agar mencapai berat badan yang ideal. Sebagian lagi ada yang menjalani diet ketat agar berat badannya tidak terus membengkak.

Upaya untuk menurunkan berat badan ini memang tidak semudah yang dibayangkan. Pada dasarnya, kunci utama dari mengurangi berat badan secara sehat adalah pola makan yang sehat dan mengendalikan asupan kalori. Kedua hal tersebut harus dibarengi dengan peningkatan aktivitas fisik.

Baca juga: Ini Manfaat Makan Jantung Pisang untuk Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan lho

Melansir dari Halodoc, Jumat (13/1/2023), untuk menurunkan berat badan secara optimal, penting untuk menjalani diet yang dibarengi dengan olahraga. Adapun, salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan senam. Senam merupakan olahraga yang membutuhkan kekuatan, keserasian fisik, dan kecepatan tubuh serta efektif membakar lemak

Senam melibatkan berbagai gerakan tubuh. Hal ini diklaim mampu menjaga kebugaran dan melatih kekuatan otot-otot pada tubuh. Nah, jika kamu ingin mencoba senam untuk menurunkan berat badan, ada beberapa gerakan senam yang ampuh untuk dilakukan.

Gerakan Senam untuk Menurunkan Berat Badan

1. Senam Aerobik

Senam aerobik adalah disiplin senam yang menggabungkan rangkaian gerak dengan irama musik berkelanjutan dalam durasi waktu tertentu. Untuk gerakannya, senam aerobik melibatkan gerakan tubuh lincah.

Alhasil, melakukan senam aerobik dapat memacu jantung pesenam dan melancarkan aliran darah di seluruh tubuh. Artinya, selain baik untuk membakar lemak, senam aerobik juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan dan kesehatan jantung.

Ada banyak gerakan senam aerobik yang dapat dicoba. Salah satunya adalah lunge yang dilakukan dengan cara memindahkan kaki ke depan, samping dan belakang. Kemudian, kedua kaki akan dijadikan sebagai tumpuan dan tungkai sebagai poros pusat penerima berat tubuh ketika tubuh berpindah.

2. Senam Ritmik

Senam ritmik yang juga disebut senam modern adalah latihan fisik yang sistematis dengan bantuan peralatan tangan. Contohnya seperti seperti tali, simpai, bola, pentungan, dan pita. Senam ritmik adalah disiplin senam yang rangkaian gerakannya dilakukan dengan mengikuti iringan musik.

Jenis senam ini umumnya terbagi menjadi dua kategori, yaitu dilakukan oleh pesenam tunggal (individu) dan dilakukan secara berkelompok. Nah, senam ritmik yang dilakukan secara teratur diyakini dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan.

Lantaran gerakan dalam disiplin senam ini membutuhkan banyak kelincahan. Menariknya lagi, senam ritmik juga diklaim bermanfaat untuk mempertahankan massa otot tubuh.

3. Senam Lantai

Gerakan senam selanjutnya yang dapat menjadi rekomendasi adalah senam lantai. Senam ini adalah jenis olahraga yang dilakukan di lantai atau permukaan datar dengan dilapisi matras. Penggunaan matras pada senam lantai bermanfaat untuk meminimalkan risiko cedera dari olahraga yang akrab dikenal sebagai floor exercise ini. Selain itu, bahan matras yang cenderung kesat mengurangi risiko tergelincir kala bermanuver dalam sebuah pola gerakan.

Senam lantai terlihat tidak membutuhkan banyak energi ketika dilakukan. Tetapi, senam lantai yang dilakukan secara rutin mampu menurunkan berat badan. Sebab, beberapa gerakannya mampu memangkas kalori ekstra dan membakar penumpukan lemak secara strategis.

Nah, ada banyak gerakan senam lantai yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah melakukan planking yang dapat membakar dua hingga lima kalori setiap menitnya. Tak hanya itu, planking juga diketahui dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan kekuatan otot.

Jenis Olahraga Lain yang Dapat Dilakukan

Selain senam, tentu ada beberapa jenis olahraga lain yang juga dapat dilakukan untuk membakar lemak secara optimal. Berikut adalah olahraga tersebut:

1. Berjalan

Menurut Harvard Health Publishing, orang dengan berat 70 kilogram dapat membakar sekitar 175 kalori per 30 menit berjalan dengan kecepatan sedang yaitu 6,4 kilometer/jam.

2. Jogging

Orang dengan berat 70 kilogram diyakini dapat membakar sekitar 288 kalori per 30 menit jogging dengan kecepatan 8 kilometer/jam.

Itulah beberapa gerakan senam yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.