Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kangen Nonton Wayang Orang dan Ketoprak di Jawa Tengah, Ini Jadwal Pentasnya

Kangen Nonton Wayang Orang dan Ketoprak di Jawa Tengah Ini Jadwal Pentasnya

Foto: Pentas wayang orang di Gedung Wayang Orang Sriwedari, Solo. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Murianews, Kudus – Ada banyak pertunjukan kesenian tradisional di Jawa Tengah. Di antaranya adalah wayang orang dan ketoprak.

Kedua macam jenis kesenian tradisional ini masih bisa dilihat keberadaannya. Meski demikian, pentasnya sudah sangat jarang jika dibandingkan beberapa belas tahun lalu.

Bagi sebagian orang, terkadang masih kangen untuk nonton kesenian wayang orang dan ketoprak ini. Nah, pertunjukan wayang orang dan ketoprak bisa disaksikan secara reguler di Kota Surakarta dan Kota Semarang, lho.

Baca juga: Ini Sepuluh Event Unggulan Jawa Tengah Tahun 2023, Catat ya!

Berikut informasi selengkapnya, dilansir dari laman Visitjawatengah, Jumat (13/1/2023).

Wayang Orang Sriwedari

Sumber sejarah menyebutkan bahwa Wayang Orang Sriwedari tampil pertama kali pada tahun 1910 pada masa Paku Buwono X. Kini, pertunjukan Wayang Orang Sriwedari hadir setiap hari Senin s.d. Sabtu pukul 19.30 WIB bertempat di Gedung Wayang Orang Sriwedari Jl. Kebangkitan Nasional No. 15 Surakarta. Info terkini seputar WO Sriwedari bisa diikuti melalui Instagram @wayang_orang_sriwedari .

Wayang Orang Ngesti Pandowo

Wayang Orang Ngesti Pandowo merupakan kelompok wayang orang legendaris di Indonesia sejak tahun 1937. Pada tahun 1950, Ngesti Pandowo mulai pentas di Kota Semarang hingga sekarang.

Dilansir dari Instagram @disbudparkotasemarang, jadwal pertunjukan Wayang Orang Ngesti Pandowo tahun 2023 ini setiap hari Sabtu pukul 20.00 WIB bertempat di Gedung Ki Narto Sabdo (TBRS) Jl. Sriwijaya No.29, Kota Semarang.

Ketoprak Balekambang

Salah satu jenis ketoprak di tanah Jawa yang populer dan memiliki nilai historis tinggi adalah Ketoprak Balekambang yang terletak di Taman Balekambang, Kota Surakarta. Pada awalnya ketoprak Balekambang dijadikan sebagai tempat perkumpulan pemuda, kemudian berkembang sebagai sarana hiburan setelah masa kemerdekaan, tepatnya 1950-an.

Sejak tahun 1989 ketoprak Balekambang menetap di salah satu gedung Taman Balekambang. Saat ini, Taman Balekambang tengah renovasi, namun demikian pertunjukan Ketoprak Balekambang tetap bisa dinikmati setiap Sabtu pukul 20.00 WIB bertempat di Grha Wisata Niaga Jl. Slamet Riyadi, Kota Surakarta. Info terkini bisa diperoleh melalui Instagram @balekambangsolo.

Kapan mau nonton? Yuk, lestarikan kesenian tradisional.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Ruangan komen telah ditutup.