Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Semarakkan HPN, Unwahas Semarang Siap Gelar Dialog UMKM

Rektor Unwahas Semarang, Prof Dr KH Mudzakir Ali saat menerima audiensi PWI Jateng. (Istimewa)

Murianews, Semarang – Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang memastikan diri untuk turut menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) 2023. Salah satunya dengan menggelar dialog UMKM dengan bekerjasama bersama PWI Jateng.

Hal itu terungkap saat Rektor Unwahas Semarang, Prof Dr KH Mudzakir Ali menerima audiensi dari panitia HPN 2023 Tingkat Jawa Tengah di Rektorat Unwahas pada Jumat (13/1/2023).

”Insyaallah kami siap. Karena terkait dengan UMKM maka nanti lebih detailnya sama Fakultas Ekonomi, koordinasi langsung dengan Dekan Fakultas Ekonomi,” ujar Rektor Unwahas Semarang, Prof Mudzakir.

Ia menjelaskan, tema UMKM yang diusung selaras dengan program Unwahas. Apalagi, Unwahas juga memiliki lembaga sertifikasi halal dengan nama Pusat Halal Unwahas yang bisa diusung saat dialog.

”Untuk lembaga ini sudah mengeluarkan sebanyak 50 sertifikasi halal, khusus UMKM. Barangkali dengan Dialog UMKM ini nanti akan semakin memperbanyak sertifikasi halal yang dikeluarkan lembaga ini,” imbuhnya.

Menurutnya, pelaku UMKM yang mendapatkan sertifikasi halal dari lembaga yang ada di Unwahas itu tidak mengeluarkan biaya sama sekali. ”UMKM tidak mengeluarkan dana, dan terus kami dampingi,” tuturnya.

Dialog UMKM rencananya akan diadakan pada 22 Februari 2023 di kampus baru Unwahas yang ada di Gunungpati Semarang. Dialog UMKM rencananya akan diikuti sebanyak 200 peserta dan dengan nara sumber dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, Pelaku UMKM, dan Pengamat UMKM dari Unwahas.

Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS mengaku senang dengan respons yang baik dari Unwahas Semarang. Bahkan tidak hanya menggelar Dialog UMKM, nantinya juga langsung akan ditindaklanjuti dengan MoU PWI Jawa Tengah dengan Unwahas, antara lain tentang peningkatan SDM seperti pelatihan jurnalistik yang dapat memberikan bekal bagi mahasiswa di luar pengetahun yang didapat di ruang kuliah..

”Dalam peringatan HPN Tahun 2023 ini, Jawa Tengah mengambil subtema Goes to Campus, salah satunya kami berharap Unwahas ikut serta dalam kegiatan yang fokusnya pengembangan UMKM di Jawa Tengah,” tuturnya.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Ruangan komen telah ditutup.