Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Masih Banyak Pelajar Wajib KTP di Kudus Enggan Bikin E-KTP

Blangko E-KTP di Kudus Menipis, di Kantor Dukcapil Tersisa Lima Keping

Murianews, Kudus – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah terus berupaya memfasilitasi warga yang belum memiliki E-KTP. Salah satunya dengan memfasilitasi para pelajar yang masih enggan atau belum berminat membuat E-KTP.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kudus Eko Hari Djatmiko mengatakan, ada beberapa kendala yang dialaminya. Khususnya bagi pelajar yang merupakan calon pemilih pemula.

”Kendalanya itu ada pada kesadaran masyarakat. Khususnya pemula seperti pelajar,” katanya, Jumat (13/1/2023).

Para pelajar yang sudah berusia 17 tahun masih enggan melakukan perekaman, karena menganggap belum membutuhkan E-KTP.

”Tetapi kalau sudah musim pendaftaran sekolah. Nah itu langsung berbondong-bondong bikin E-KTP,” sambungnya.

Baca:Kudus Diberi Empat Ribu Blangko E-KTP, Disdukcapil Minta Tambahan Lagi

Oleh sebab itu, pihaknya berupaya untuk melakukan jemput bola perekaman E-KTP ke sekolah. Program tersebut saat ini masih berjalan dengan mekanisme sehari dua sekolah SMA.

”Rutin kami lakukan. Tinggal nantinya sekolahnya memberi jadwal hari apa, kami menyesuaikan. Sasaran kami siswa SMA yang sudah berusia 16 tahun,” terangnya.

Dirinya juga mengajak masyarakat yang belum memiliki E-KTP untuk segera mengurus. Pelayanan tersedia di Kantor Disdukcapil, Mal Pelayanan Publik (MPP), dan di sembilan kantor kecamatan. Syaratnya yakni cukup membawa fotocopy Kartu Keluarga.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.