Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

5 Tempat Wisata Terkenal dan Terpopuler di Surabaya

Lambang Kota Surabaya

Murianews – Surabaya merupakan salah satu kota paling bersejarah di Indonesia sehingga Surabaya memiliki destinasi wisata yang berkaitan dengan sejarah. Tak heran jika Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan, karena banyak pahlawan kemerdekaan yang berjuang demi kemerdekaan negara Indonesia.

Selain mencari destinasi wisata yang akan Anda kunjungi di Surabaya, Anda juga harus mencari transportasi untuk menuju kesana, bukan? Tenang saja, Anda dapat menggunakan pesawat serta memilih tiket pesawat murah ke Surabaya melalui Traveloka!

Meskipun terkenal dengan suhu udaranya yang tinggi, Surabaya memiliki segudang tempat wisata yang menawarkan edukasi serta hiburan menarik. Tak heran jika Surabaya selalu menjadi pilihan tempat berlibur yang favorit bagi puluhan ribu masyarakat Indonesia.

Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya

Berikut, beberapa rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang populer dan terkenal serta selalu menjadi prioritas pengunjung saat berlibur ke Surabaya.

1. Kampung Arab

Lokasi: Jalan Ampel Kejeron I Nomor 4, RT 006/RW 02, Ampel, Kecamatan Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60151
Harga tiket: Gratis

Keberagaman Indonesia tercermin dari banyaknya suku dan budaya, hal ini tercermin dari adanya Kampung Arab di Surabaya. Permukiman ini sebagian besar dihuni oleh penduduk Arab yang mayoritas beragama Islam, sehingga perkampungan ini dijadikan wisata religi.

Kampung Arab merupakan salah satu kampung yang dijadikan tujuan wisata dan menarik perhatian banyak wisatawan karena banyak pedagang. Anda dapat mencari oleh-oleh berupa pakaian, parfum, dan pernak-pernik yang dijual di sebuah desa di kawasan Ampel.

2. Kelenteng Sanggar Agung

Lokasi: Jalan Sukolilo Nomor 100, Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur 60122
Harga tiket: Rp5000 – Rp10.000

Kelenteng Sanggar Agung terletak di kawasan Pantai Ria Kenjeran, kelenteng ini memiliki pesona bagi wisatawan. Ada berbagai patung di sini, seperti dewi ”Kwan Im”, patung ”Sha Na” dan ”Tong Nu”, serta patung naga.

Kelenteng ini cocok untuk berwisata religi, dan apabila ingin mendapatkan suasana yang lebih sakral, Anda bisa datang saat Imlek. Karena saat hari raya Imlek, terdapat perayaan sehingga kelenteng ini ramai dikunjungi oleh umat maupun wisatawan lokal maupun mancanegara.

3. Museum House of Sampoerna

Lokasi: Taman Sampoerna Nomor 6, Krembangan Utara, Kecamat Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur 60163
Harga tiket: Gratis

Surabaya juga dikenal memiliki objek wisata bersejarah berupa museum, salah satunya adalah Museum House of Sampoerna. Museum Kretek di Taman Sampoerna 6 pada awalnya merupakan tempat produksi rokok Sampoerna pertama di Indonesia.

Di sini Anda bisa belajar lebih banyak tentang sejarah kretek atau rokok di Indonesia, serta bermacam-macam jenisnya. Anda juga dapat belajar tentang jenis-jenis korek api, dan tentunya kesempatan melihat proses pembuatan rokok secara langsung.

Selain itu, museum ini juga menawarkan pengunjung untuk melakukan tour gratis ke Surabaya dengan menggunakan bus khusus. Ada juga kafe dan toko suvenir di lantai dua, sehingga Anda dapat membeli oleh-oleh untuk keluarga Anda di rumah.

4. Tugu Pahlawan

Lokasi: Jalan Pahlawan, Alun-Alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60174
Harga tiket: Gratis

Salah satu tempat wisata di Surabaya yang tentunya tidak boleh dilewatkan adalah Tugu Pahlawan, yang merupakan ikon kota Surabaya. Dikelilingi tanaman hijau yang rindang, Tugu Pahlawan adalah tempat yang tepat untuk bersantai setelah menjelajahi kota Surabaya.

Tugu yang menjulang tinggi ini sudah berdiri sejak zaman kolonial, sehingga Anda dapat mengabadikan tempat bersejarah ini dengan berfoto. Jangan khawatir, Anda tidak perlu membayar untuk mengunjungi tempat ini karena Tugu Pahlawan ini gratis untuk umum.

5. Museum 10 November

Lokasi: Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60174
Harga tiket: Rp 5.000

Apabila Anda penasaran dengan sejarah perjuangan rakyat Surabaya melawan penjajah pada tanggal 10 November 1945 museum ini adalah tempatnya. Pasalnya, museum ini merupakan tempat yang berisi kumpulan cerita dan bukti sejarah perjuangan para pahlawan tersebut.

Lokasi museum ini tidak jauh dari lokasi Tugu Pahlawan, sehingga Anda dapat sekaligus menghampiri dua tempat tersebut. Anda dapat menelusuri foto dan lukisan situasi perang serta koleksi barang bukti Perang Bung Tomo dan peralatan militer Suroboyo.

Apakah Anda sudah siap untuk mendatangi berbagai destinasi wisata unik dan populer di Kota Surabaya? Selain mendatangi tempat wisata, Anda juga dapat membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Rekomendasi Oleh-Oleh dari Surabaya

Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh dari Surabaya yang wajib Anda beli untuk keluarga di rumah!

1. Lapis Surabaya

Lapis surabaya ini memiliki tiga lapisan dengan isian rasa selai yang berbeda. Lapis Surabaya memiliki rasa legit dan manis dengan ciri khas berwarna kuning dan coklat, serta tekstur yang lembut.

2. Spikoe Surabaya

Spikoe Surabaya dibuat dengan resep Spikoe lawas yang dikemas dengan cara modern. Spikoe surabaya memiliki dua lapisan dengan isian dan berbagai rasa seperti original, kismis, dan plum.

Setelah mendapatkan rekomendasi tempat wisata populer di Surabaya, apakah Anda sudah siap berangkat liburan? Jangan lupa, untuk memesan tiket pesawat murah ke Surabaya di Traveloka! (*)

Ruangan komen telah ditutup.