Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

869 Anak Yatim Piatu di Jepara Dapat Bantuan dari Kemensos

869 Anak Yatim Piatu di Jepara Dapat Bantuan dari Kemensos

Penyaluran bantuan Kemensos RI kepada anak yatim piatu di Kabupaten Jepara. (Murianews/istimewa)

Murianews, Jepara – Sebanyak 869 anak yatim atau piatu di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah mendapat bantuan dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI. Masing-masing mendapatkan uang Rp 200 ribu per bulan.

Koordinator PKH Kabupaten Jepara, Kiky Ari Cahyo Prayitno menjelaskan, bantuan tersebut merupakan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) untuk yatim piatu dari Kementrian Sosial RI.

Pihaknya mengatakan, dulunya program ini untuk anak yatim korban covid 19. Namun untuk 2022 diperlebar penerimanya yakni untuk anak yatim, piatu atau yatim piatu di luar program Covid-19.

Kiky menyebutkan, sebelumnya pihaknya menerima data mentah dari Kemensos RI untuk tahun 2022 sebanyak 999 anak yatim piatu. Kemudian, setelah verifikasi data lapangan jumlahnya berkurang.

’’Jadi total yang menerima sebanyak 869 anak yatim piatu yang memenuhi syarat,’’ jelas Kiky.

Baca: Hati-Hati! Jalan Jepara-Keling Berlubang

Sebanyak 869 anak yatim piatu tersebut, lanjut Kiky, menerima bantuan berupa uang senilai Rp 200 ribu per bulan. Namun, dalam penyalurannya, bantuan yang selama tiga bulan itu disalurkan sekali.

’’Masing-masing penerima, total yang diterima Rp 600 ribu. Bantuan ditransfer ke Bank BNI,’’ sebut Kiky.

Terkait dengan keberlanjutan program itu, Kiky mengaku tak mengetahuinya. Di sisi lain, bantuan yang disalurkan hari ini merupakan program Kemensos RI yang masuk dalam anggaran tahun 2022 lalu.

’’Ini yang kami belum dapat kejelasannya. Belum ada informasi program itu akan berlanjut atau tidak,’’ pungkas Kiky.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.