Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sepekan, Bea Cukai Kudus Gagalkan Tiga Kali Penyelundupan Rokok Ilegal

Truk pengangkut rokok ilegal yang diamankan Bea Cukai Kudus. (Murianews/Bea Cukai)

Murianews, Kudus – Bea Cukai Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dalam sepekan ini berhasil menggagalkan tiga kali percobaan peredaran rokok ilegal di wilayah kerjanya.

Yang pertama adalah pada Selasa (10/1/2023) di Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Bea cukai, berhasil mengamankan sebuah truk berisi 372.000 batang rokok ilegal berjenis sigaret kretek mesin (SKM).

Selanjutnya pada Rabu (11/1/2023) di Desa Margoyoso, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Di sana, Bea Cukai menyita 11.000 batang rokok SKM ilegal yang hendak dikirim menggunakan jasa ekspedisi.

Sementara yang terakhir adalah pada Kamis (12/1/2023) di Jalan Lingkar Timur, Dusun Krasak, Desa Ngembal Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus dan SPBU Lingkar Barat, Desa Langenharjo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati.

Baca: Bea Cukai Kudus Sita 17 Juta Batang Rokok Ilegal dalam Setahun

Dalam penindakan itu, total ada sebanyak 616.000 batang rokok ilegal yang diamankan di dua tempat. Sebanyak 124.000 batang diamankan di Kudus dan 492.000 lainnya di Kabupaten Pati.

Kasi Penyuluh dan Pelayanan Informasi Bea Cukai Kudus Sandy Hendratmo mengungkapkan, mayoritas penindakan terjadi karena adanya laporan dari masyarakat yang menduga adanya peredaran rokok ilegal.

”Kami lantas melakukan pengintaian dan pengejaran, dari tiga penindakan tersebut ada enam orang yang kami amankan untuk dimintai keterangan, satu di antaranya adalah mandor,” ujarnya, Jumat (13/1/2023).

Baca: Jual Rokok Ketengan Dilarang, Industri Kecil Soroti Rokok Ilegal

Bea Cukai Kudus akan terus melakukan pengawasan terhadap peredaran rokok ilegal. Rokok ilegal yang ditemukan tidak memenuhi ketentuan di bidang cukai , yaitu diangkut/dipasarkan tanpa dilekati pita cukai.

”Bea Cukai Kudus mengimbau kepada masyarakat agar melakukan usaha legal terutama dalam memproduksi, menjual dan memasarkan rokok . Mari menjadi legal agar usaha aman dan berkembang,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.