Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Suka Membacakan Dongeng sebelum Tidur pada Anak? Ternyata Banyak Manfaatnya lho

Suka Membacakan Dongeng sebelum Tidur pada Anak Ternyata Banyak Manfaatnya lho

Foto: Ilustrasi baca dongeng sebelum tidur (freepik.com)

Murianews, Kudus – Banyak cara dilakukan orang tua untuk menidurkan anak. Salah satunya dengan membacakan dongeng pada anaknya sebelum tidur.

Cara ini ternyata cukup efektif dan dipraktikkan banyak orang tua. Tidak lama setelah dibacakan dongeng, biasanya sang anak sudah mulai tertidur.

Perlu diketahui, membacakan dongeng sebelum tidur ini ternyata juga punya manfaat lainnya. Hal ini barangkali belum banyak diketahui orang tua.

Baca juga: Anak Takut Tidur di Kamar Sendirian? Ini Tips Agar Berani dan Terbiasa

Melansir dari Halodoc, Kamis (12/1/2023), membacakan dongen sebelum tidur akan membantu orang tua semakin terikat dengan anak. Membaca tidak hanya membantu membuat anak tertidur, tetapi juga untuk meningkatkan kreativitasnya sejak usia dini.

National Institute of Child Health and Human Development di Bethesda juga menyebutkan bahwa dalam penelitian saraf menunjukkan bahwa ketika orang tua dan pengasuh berinteraksi secara verbal dengan anak, termasuk membacakan untuk mereka, anak-anak belajar jauh lebih banyak daripada yang orang tua kira sebelumnya.

Membaca dongeng yang berisi pesan moral juga terbukti meningkatkan nilai moral pada anak juga, sehingga orang tua bisa melanjutkan kebiasaan baik ini.

Berikut ini beberapa manfaat lain membacakan dongeng untuk anak:

Mengembangkan Kemampuan Komunikasi

Membaca cerita membantu pengembangan keterampilan komunikasi lisan, kemampuan mendengarkan, memori, dan pengenalan bahasa pada anak. Ini adalah cara yang baik untuk memperkuat kosakata dan struktur kalimat yang berbeda sejak usia dini.

Seiring waktu dan usia, bayi akan belajar berkomunikasi melalui bahasa tubuh, metode verbal, mendengarkan dan kata-kata tertulis seperti orang dewasa. Bayi akan mendengar semua suara yang diperlukan untuk berbicara dalam bahasa ibu mereka pada saat mereka berusia satu tahun.

Perkembangan Sosial dan Emosional

Ilustrasi dalam buku cerita bisa mengembangkan ide tentang berbagai mainan, hewan, burung, dan sebagainya. Orang tua mungkin akan menemukan anak menggunakan kata-kata baru untuk berpikir, merasakan dan mengungkapkan perasaannya.

Keterampilan Kognitif

Jauh sebelum bayi mulai berbicara, ia akan menyerap informasi tentang bahasa dengan mendengarkan cerita yang dibacakan. Hal ini tentunya akan memberikan keuntungan saat anak memulai pendidikannya.

Bayi sekitar sepuluh bulan dapat belajar membalik halaman dan mendengarkan kata-kata baru. Saat mereka terus tumbuh, ia akan belajar seni membaca dari kiri ke kanan. Bayi, yang berusia sekitar satu tahun, dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah mereka dengan mendengarkan cerita pengantar tidur.

Meningkatkan Fokus

Melibatkan bayi dalam dongeng sebelum tidur juga merupakan cara terbaik untuk membantunya terbiasa dengan kebiasaan membaca. Sungguh ini adalah kebiasaan yang sangat bermanfaat dan sehat. Orang tua dapat meningkatkan keterampilan perhatiannya dengan membacakan untuknya setiap malam.

Meredakan Kecemasan

Ini adalah cara yang baik untuk merilekskan pikiran dan tubuhnya sebelum tidur. Bahkan jika anak terlalu terstimulasi, membaca cerita akan membantunya terlibat dalam dunia yang sama sekali berbeda dan terbebas dari semua kecemasan.

Meningkatkan Kepribadian dan Pengetahuan

Saat bayi tumbuh, ia mungkin mulai mencari beberapa orang dan mendapatkan inspirasi dari mereka. Waktu membaca adalah waktu yang tepat untuk memengaruhi si kecil dan mengajari mereka pelajaran hidup. Ini juga dapat meningkatkan kepribadian dan pengetahuannya.

Menumbuhkan Kebiasaan Membaca

Saat orang tua menjadikan membaca cerita sebagai rutinitas, ini bisa menjadi kebiasaan dan bagian dari hidupnya. Lambat laun, membaca menjadi menyenangkan, dan orang tua tidak perlu memintanya membaca setelah dia dewasa. Di kemudian hari, membaca mungkin membuka pintu untuk kegemaran dan kemampuan yang baik untuk menulis.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.