Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Fungsi Carbon Cleaner Mobil dan Cara Menggunakannya

Ini Fungsi Carbon Cleaner Mobil dan Cara Menggunakannya

Foto: Ilustrasi membersihkan mobil (wuling.id)

Murianews, Kudus – Perawatan mobil tak selalu harus dibawa ke bengkel. Untuk kondisi tertentu bisa dilakukan perawatan sendiri di rumah.

Salah satunya membersihkan kotoran yang menumpuk di ruang bakar mobil. Caranya, dengan menggunakan cairan carbon cleaner mobil.

Seperti diketahui, kotoran yang ada di ruang bakar bisa mempengaruhi performa kendaraan. Nah, dengan carbon cleaner mobil bisa mengangkat kotoran lebih mudah.

Baca juga: Ini Fungsi dan Cara Merawat Sensor Parkir Mobil yang Perlu Diketahui

Harga carbon cleaner mobil ini juga cukup terjangkau. Yakni, berkisar Rp 35 hingga Rp 300 ribu.

Melansir dari laman Wuling, Kamis (12/1/2023), carbon cleaner merupakan cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan kerak serta kotoran yang menumpuk dalam ruang bakar kendaraan. Fungsi utama dari cairan ini adalah untuk membantu menghilangkan karbon yang terdapat pada piston, karburator dan throttle body.

Ada banyak jenis carbon cleaner mobil yang bisa Anda temukan di pasaran mulai dari jenis semprot hingga bentuk foam atau busa. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan harga carbon cleaner yang berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Meskipun jenisnya berbeda, akan tetapi fungsinya sama yaitu untuk membantu membersihkan kerak pada ruang pembakaran.

Fungsi Carbon Cleaner

Carbon cleaner merupakan salah satu cairan ajaib yang sangat dibutuhkan dalam dunia otomotif atau mekanik. Cairan ini sangat berguna untuk membantu merawat mesin kendaraan agar bisa berfungsi dengan optimal.

Carbon cleaner biasa difungsikan sebagai cairan pembersih kerak yang menempel pada mesin kendaraan. Tidak hanya itu, cairan ini juga berfungsi untuk menghilangkan kandungan air yang terdapat dalam ruang bakar kendaraan.

Berikut ini beberapa fungsi cairan carbon cleaner yang perlu Anda ketahui:

1. Membersihkan Kerak yang Menempel

Fungsi utama dari carbon cleaner adalah untuk membersihkan kotoran yang menempel pada ruang bakar mesin. Mobil yang sering digunakan biasanya ruang pembakarannya akan menumpuk demo dan karbon sisa pembakaran. Kotoran ini harus dibersihkan agar performa mesin tetap maksimal.

2. Menghilangkan Kandungan Air dalam Ruang Bakar

Fungsi lainnya dari carbon cleaner adalah untuk menghilangkan kandungan air yang terdapat dalam ruang bakar. Kondisi ini biasanya terjadi jika kendaraan digunakan untuk berkendara saat musim penghujan. Air yang masuk ke dalam karburator bisa membuat performa mesin menjadi tidak maksimal sehingga harus dibersihkan

3. Meningkatkan Performa Kendaraan

Fungsi lainnya dari carbon cleaner adalah bisa membuat performa kendaraan menjadi lebih optimal. Ruang bakar yang bersih membuat tarikan mesin menjadi lebih ringan sehingga mobil menjadi lebih bertenaga saat digunakan. Tidak hanya itu, karburator yang bersih juga membuat efisiensi bahan bakar menjadi meningkat

Tips Memilih Carbon Cleaner yang Tepat

Ada beberapa pilihan jenis cairan ini yang bisa Anda temukan di pasaran. Meski begitu, pastikan memilih yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan agar hasilnya lebih maksimal.  Berikut tips memilih carbon cleaner yang bagus dan berkualitas untuk kendaraan:

1. Hindari Penggunaan Zat Asam dan Zat Amonia

Saat memilih carbon cleaner, hindari yang mengandung zat amonia dan zat asam. Jika mengandung zat tersebut dan masuk ke dalam ruang bakar justru akan membuat mesin menjadi lebih mudah berkarat dan berpengaruh terhadap performa kendaraan.

2. Pilih Carbon Cleaner yang Tidak Panas

Carbon cleaner yang bagus adalah yang tidak panas saat dimasukkan ke dalam ruang pembakaran mesin. Memilih cairan carbon cleaner yang panas justru akan merusak lapisan piston atau rumah silinder. Maka dari itu, sebelum digunakan ada baiknya tes dulu untuk mengetahui apakah cairan carbon cleaner menimbulkan panas atau tidak.

3. Pilih Carbon Cleaner Sesuai dengan Tipe Mesin Kendaraan

Satu lagi tips memilih carbon cleaner yang tepat adalah sesuaikan dengan tipe mesin mobil. Perlu Anda ketahui bahwa setiap jenis carbon cleaner memiliki kandungan dan spesifikasi yang berbeda. Jadi pastikan pilih jenis yang sesuai dengan tipe mesin kendaraan agar performa kendaraan lebih optimal.

Cara Menggunakan Carbon Cleaner

Ada beberapa jenis carbon cleaner yang tersedia di pasaran yaitu yang berbentuk semprotan dan ada juga yang berbentuk foam atau busa. Meski bentuknya berbeda, akan tetapi fungsi carbon cleaner tetap sama yaitu untuk membersihkan kotoran yang ada di ruang bakar.

Pada dasarnya cara menggunakan atau mengaplikasikan carbon ini cukup mudah. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Hidupkan mesin kendaraan kemudian diamkan selama 10 -15 menit.

2. Buka ruang filter udara pada kendaraan.

3. Buka busi yang terpasang pada kendaraan.

4. Posisikan semua piston sejajar dengan benar.

5. Semprotkan carbon cleaner ke dalam masing-masing lubang busi mobil hingga cairan muncul ke permukaan.

6. Diamkan cairan carbon cleaner selama 15 menit untuk membantu merontokkan kerak yang menempel pada ruang pembakaran.

7. Sedot cairan carbon cleaner di dalam ruang bakar menggunakan pompa hisap hingga benar-benar kering.

8. Pasang kembali busi seperti semula dan hidupkan mesin kendaraan hingga terasa hangat.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: wuling.id

Ruangan komen telah ditutup.