Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Punya Masalah Impotensi? Coba Atasi dengan Senam Kegel Pria, Begini Caranya

Punya Masalah Impotensi Coba Atasi dengan Senam Kegel Pria Begini Caranya

Foto: Ilustrasi (Keifit dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Istilah senam kegel barangkali sudah cukup familiar bagi banyak orang. Biasanya, senam kegel ini dilakukan oleh perempuan.

Tujuan senam kegel ini salah satu daya tariknya adalah untuk mengencangkan vagina. Selain itu, jika dilakukan ibu hamil bisa bermanfaat untuk melancarkan proses persalinan.

Namun, senam kegel ini juga bermanfaat buat para pria lho. Hal ini barangkali belum diketahui banyak orang.

Baca juga: Durasi Pria Ejakulasi secara Normal Berapa Lama, ya? Ini Penjelasannya

Sebelumnya, perlu tahu dulu apa itu senam kegel. Melansir dari Hellosehat, Kamis (12/1/2023), senam kegel adalah latihan kelenturan dengan gerakan mudah dan sederhana untuk memperkuat otot panggul.

Otot-otot dasar panggul terdapat di sepanjang tulang ekor sampai di depan tulang kemaluan. Otot-otot ini mendukung kerja kandung kemih dan usus Anda.

Tidak hanya untuk kelenturan otot, senam kegel juga bermanfaat untuk fungsi organ-organ di sekitar panggul pria, termasukin sistem perkemihan dan reproduksi.

Kegel melatih kekuatan otot bulbocavernosus yang bekerja untuk mempertahankan aliran darah ke penis saat ereksi, mengosongkan uretra selepas buang air kecil, dan memompa sperma saat ejakulasi.

Manfaat senam kegel untuk pria

Rutin melakukan senam kegel bisa membantu mengatasi beberapa gangguan kesehatan berikut.

1. Mengatasi inkontinensia urine

Banyak faktor yang dapat melemahkan otot dasar panggul, termasuk operasi pengangkatan prostat, diabetes, dan kandung kemih yang terlalu aktif.

Hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami kebocoran urine atau tidak dapat menahan buang air, yang juga dikenal sebagai inkontinensia urine. Nah, latihan kebugaran ini bisa membantu fungsi sistem perkemihan sehingga Anda lebih bisa mengontrol keluarnya urine.

2. Mempercepat pemulihan operasi prostat

Selain itu, manfaat senam kegel untuk pria juga dapat membantu proses pemulihan setelah melakukan operasi prostat. Hal ini dibuktikan dengan penelitian International journal of impotence research (2016) yang dilakukan pada pria yang mengalami operasi prostat. Hasil riset menunjukkan bahwa senam kegel dapat meningkatkan proses pemulihan kandung kemih setelah operasi.

3. Mengatasi impotensi

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Progres en urologie (2017) memperlihatkan bahwa senam kegel dapat membantu mengatasi impotensi (disfungsi ereksi).

Sekelompok pria yang diamati dalam riset tersebut melatih otot panggul mereka dengan melakukan senam kegel selama 3 bulan secara rutin. Hasilnya, mereka lebih mudah untuk ereksi.

Senam kegel pria juga disebut-sebut sebagai terapi untuk orang yang mengalami ejakulasi dini dan dapat memperbesar ukuran penis. Namun, belum ada studi ilmiah yang membuktikan hal tersebut.

Bagaimana cara melakukan senam kegel pria?

Senam kegel sangat mudah dilakukan. Anda dapat melakukannya di mana saja tanpa perlu menggunakan alat bantu. Cara senam kegel sederhana untuk pria bisa dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Temukan di mana otot panggul Anda

Otot panggul terletak di dasar rongga panggul dan posisinya memanjang dari tulang kemaluan sampai tulang belakang bagian bawah.

Sebelum melakukan senam kegel, Anda sebaiknya menemukan dan tahu di mana letak otot panggul Anda. Caranya dengan melakukan gerakan seperti sedang buang air kecil.

Kemudian, coba seolah-olah untuk menghentikan aliran urine dengan cepat menekan panggul Anda. Setelah itu, Anda kan merasakan otot-otot yang berkontraksi atau mengencang. Itulah otot panggul Anda.

2. Lakukan senam kegel secara rutin

Setelah mengetahui otot panggul Anda, lakukan gerakan senam kegel secara rutin. Tahap pertama adalah melakukan pelenturan otot. Cobalah untuk melakukan senam kegel sederhana seperti gerakan menahan kencing.

Lakukan gerakan tersebut selama 5 – 20 detik, kemudian rilekskan kembali panggul Anda. Anda dapat melakukannya 10 – 20 kali per waktu latihan, dengan waktu latihan sekitar 3 – 4 kali dalam sehari.

3. Waktu melakukan senam kegel

Gerakan senam kegel sederhana untuk pria ini tidak memakan waktu, dapat dilakukan di mana saja, dan kapan pun. Cobalah jadikan senam kegel menjadi bagian rutinitas sehari-hari, seperti ketika mandi, setelah membuang air kecil, atau bahkan saat latihan mengangkat beban berat.

Menurut Cleveland Clinic, manfaat dari senam kegel mungkin baru terasa setelah 6 bulan rutin latihan. Untuk itu, Anda perlu lebih konsisten berlatih.

4. Melakukan variasi gerakan

Anda dapat melakukan variasi gerakan senam kegel dengan cara menahan otot sangat cepat atau sangat lambat. Padukan variasi gerakan tersebut dalam satu kali latihan.

Pastikan tubuh Anda dalam keadaan rileks dan tidak melibatkan otot-otot yang lain seperti otot paha, bokong, atau perut. Lakukan senam kegel dengan santai dan bernapas secara normal.

Sama seperti melatih otot bisep serta trisep atau memperkuat otot lain di tubuh Anda, dibutuhkan waktu untuk memperkuat otot di dasar panggul ini.

Orang-orang yang masih berusia muda biasanya memiliki otot panggul yang kencang dan kuat, tetapi akan melemah seiring dengan pertambahan usia.

Oleh karena itu, otot panggul pun juga harus sering dilatih secara rutin sama halnya dengan otot perut atau lengan. Senam kegel membantu mempertahankan kekuatan dan kelenturan otot panggul pria.

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Ruangan komen telah ditutup.