Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Menikmati Suasana Alun-alun Kidul, Halaman Belakang Keraton Jogja yang Selalu Bikin Kangen

Foto: Suasana Alun Alun Kidul Kota Jogja di malam hari (Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Murianews, Yogyakarta – Ada beberapa tempat yang selama ini menjadi ikon Kota Jogja. Antara lain, jalan Malioboro, Keraton Yogyakarta dan Pasar Beringharjo hingga Tugu Pal Putih yang selalu jadi jujugan wisatawan.

Namun, ada satu tempat lagi yang juga wajib disinggahi ketika jalan-jalan di Jogja. Yakni, Alun-alun Kidul Jogja yang selama ini juga jadi favorit wisatawan untuk melepas Lelah sambil berburu foto kenangan.

Tak lengkap rasanya dolan ke Jogja jika belum mampir ke Alun-alun Kidul (Alkid) ini. Melansir dari laman Visitingjogja, Kamis (12/1/2023), bagian ini merupakan halaman belakang dari keraton Yogyakarta. Alun-alun ini bukan hanya memiliki lapangan namun juga sejumlah panorama menarik lainnya.

Baca juga: Mau Cari Tempat Kamping di Jogja? Ini Rekomendasinya lur

Selain dijadikan sebagai tempat masyarakat untuk beraktivitas, kawasan alun-alun Kidul juga menjadi pilihan wisata yang sangat menarik. Terutama di sore hingga malam hari. Di kawasan ini, Anda akan bisa mendapati sejumlah panorama wisata yang cukup menarik untuk dinikmati.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Alun-alun Kidul Yogyakarta?

Mungkin banyak diantara Anda yang masih bertanya-tanya, aktivitas wisata seperti apa yang bisa dinikmati ketika berada di kawasan alun-alun selatan ini. Tentunya ada cukup banyak aktivitas wisata yang menarik yang bisa dinikmati di kawasan yang berada dibagian sisi selatan kota Yogyakarta ini.

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa rekomendasi aktivitas wisata yang cukup terkenal di kawasan alun-alun kidul atau yang dikenal dengan sebutan alkid ini.

1. Melakukan Permainan Masangin

Salah satu aktivitas yang sangat terkenal di kawasan alun-alun selatan Jogja ini adalah permainan masangin. Seperti sudah menjadi tradisi, permainan ini menjadi daya tarik tersendiri dan banyak membuat para wisatawan yang tertarik untuk mencobanya.

Perlu Anda ketahui bahwa dikawasa alkid ini terdapat sepasang pohon beringin (beringin kembar) yang sudah berusia cukup tua. Diantara pohon beringin inilah permainan masangin dilakukan.

Untuk melakukan permainan masangin ini cukup sederhana. Anda hanya perlu menutup mata dengan kain penutup lalu berjalan lurus sekitar 20 meter dari Sasono Hinggil menuju ke bagian tengah-tengah ringin kurung (sepasang pohon beringin yang berada di alun-alun selatan).

Meski terlihat sederhana dan mudah, namun nyatanya tidak banyak yang berhasil sampai melewati bagian tengah-tengah diantara dua pohon beringin tersebut. Banyak orang yang justru berputar-putar dan melenceng jauh ke berbagai arah dari tujuan yang sebenarnya.

Banyak mitos yang beredar di kawasan alun-alun kidul ini bahwa orang yang benar-benar berhati bersih dan lurus yang bisa tepat berjalan melewati jalan diantara dua pohon beringin tersebut.

Jika Anda tengah berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk menyempatkan berkunjung ke alun-alun selatan dan mencoba tradisi permainan yang cukup unik dan menarik ini.

2. Menyewa Sepeda Tandem dan Odong-odong

Jika siang hari, mungkin tempat ini akan terasa kurang begitu menarik karena tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Namun menjelang sore dan malam hari, tempat ini menjadi semakin menarik karena memiliki kerlap-kerlip yang cahaya yang berwarna-warni.

Kilauan cahaya tersebut berasal dari sepeda tandem, mobil-mobilan sepeda, dan juga odong-odong yang tersedia di kawasan alun-alun selatan tersebut. Sepeda tandem dan juga odong-odong ini menjadi objek favorit para pengunjung yang berada di kawasan Alkid.

Anda bisa menyewa odong-odong maupun sepeda tandem tersebut untuk berkeliling kawasan alkid. Odong-odong penuh lampu tersebut mampu menampung hingga 6 orang sehingga Anda bisa menyewa secara bersama-sama untuk menghemat pengeluaran.

Menggunakan kendaraan tersebut, Anda bisa menikmati syahdunya suasana di sekitar alun-alun sembari berolahraga malam karena Anda harus menggowes pedal untuk menjalankan kendaraan sepeda yang Anda sewa tersebut.

3. Bersantai sembari Menyantap Kuliner di Alun-alun

Aktivitas berikutnya yang bisa Anda lakukan di kawasan alun-alun kidul ini adalah duduk santai sembari menyantap kuliner di alun-alun. Ketika perut lapar sehabis menyewa odong-odong, bersantap kuliner khas Jogja tentunya adalah pilihan yang sangat tepat untuk dilakukan.

Anda bisa memesan makanan berat ataupun makanan ringan seperti jagung bakar, pisang bakar, wedhang ronde, wedang bajigur, dan aneka menu makanan atau minuman lainnya. Anda bisa bersantai sembari berbincang bersama dengan rekan-rekan sembari berbincang di bawah langit Jogja yang syahdu.

Itulah ulasan mengenai kawasan objek wisata alun-alun kidul yang berada di sisi selatan kawasan keraton Yogyakarta. Sebagai salah satu tempat wisata yang menarik, pastikan Anda mengunjungi tempat ini ketika berada di Jogja.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: visitingjogja.jogjaprov.go.id

Ruangan komen telah ditutup.