Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Kesalahan Menata Kamar yang Perlu Dihindari, Bisa Bikin Susah Tidur

Ini Kesalahan Menata Kamar yang Perlu Dihindari Bisa Bikin Susah Tidur

Foto: Ilustrasi gangguan tidur (pixabay.com)

Murianews, Kudus – Tidur adalah kebutuhan semua manusia. Dengan tidur yang cukup maka kondisi fisik akan kembali pulih dan membuat tubuh menjadi sehat.

Sebaliknya, jika kurang tidur juga akan berdampak tidak baik pada fisik serta kesehatan. Idealnya, setiap orang disarankan tidur minimal delapan jam dalam sehari.

Meski demikian, tidak semua orang bisa mendapatkan tidur ideal, bahkan malah susan tidur. Padahal, mata sudah mengantuk berat dan badan terasa lelah.

Baca juga: Meletakkan Bunga Lavender di Kamar Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Kondisi seperti ini bisa disebabkan banyak faktor. Salah satunya adalah kesalahan dalam menata kamar tidur.

Oleh sebab itu, kesalahan menata kamar tidur ini perlu dihindari. Apa saja? Berikut daftarnya, seperti dilansir dari Hellosehat, Kamis (12/1/2023).

1. Kamar tidak rapi

Sebagian orang menggunakan kamar tidur bukan hanya sebagai tempat beristirahat setelah melakukan banyak aktivitas seharian, tapi juga sebagai tempat meletakkan dan menyimpan berbagai macam barang penting. Terlebih setelah lelah seharian beraktivitas, Anda akan cenderung meletakkan berbagai jenis barang sembarangan. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab Anda susah tidur.

Seorang spesialis kesehatan jiwa dari University of Maryland School of Medicine, dr. Emerson Wickwire mengatakan bahwa kamar tidur yang berantakan bisa bikin Anda susah tidur. Kamar yang berantakan dan kacau, menurut dr. Emerson, bisa menyebabkan mood Anda jelek hingga berdampak negatif pada kerja otak.

Maka itu, pastikan kamar tidur Anda selalu rapi dan tidak banyak barang berserakan. Terutama di dekat tempat tidur Anda.

2. Warna dinding atau nuansa kamar terlalu mencolok

Kamar Anda sudah rapi, tapi penataan kamar tidur dengan dinding atau wallpaper warna terang dan mencolok bisa mengganggu istirahat Anda. Sebaiknya hindari warna dinding atau nuansa kamar yang terlalu mencolok dan pilih warna-warna yang lebih sejuk dan menenangkan.

Bila Anda ingin menghias kamar tidur, Cynthia Spence, seorang desainer interior di San Fransisco menyarankan agar Anda berkreasi dengan kombinasi tekstur daripada warna dan pola-pola yang mencolok sebagai penataan kamar tidur Anda. Misalnya mengombinasikan ranjang kayu dengan meja samping dari rotan. Dengan begitu, kamar tidur tetap menarik dan Anda bisa beristirahat dengan baik.

3. Kualitas kasur kurang baik

Tanpa disadari, kasur dengan kualitas kurang baik bisa membuat Anda susah tidur. Sarah Abate Rezvanifar, seorang desainer dari Kanada merekomendasikan Anda untuk ganti kasur lama yang sudah tidak nyaman dipakai dengan kasur baru yang memiliki kontur lembut sehingga lebih nyaman.

Tak hanya itu, penggunaan kasur yang kurang baik akan membuat posisi tidur Anda menjadi tidak nyaman. Hal ini diperkuat dengan pernyataan dari Robert Rosenberg, DO seorang direktur medis Sleep Disorders Center di Prescott Valley yang menyatakan bahwa posisi tidur yang kurang nyaman dapat membuat Anda tidak mendapatkan manfaat tidur optimal.

4. Seprai tidak nyaman

Kesalahan penataan kamar lainnya yang bisa bikin Anda sulit tidur adalah seprai yang tidak nyaman. Bahkan Liz Toombs, seorang desainer interior Pola Dots and Rosebuds Interiors mengatakan bahwa Anda perlu mempertimbangkan kain seperti apa yang cocok sebagai seprai tidur Anda. Misalnya kain dengan bahan katun yang lembut dan menyerap keringat, satin, atau yang lainnya.

5. Suhu kamar tidak ideal

Suhu kamar yang tepat sangat menentukan apakah Anda akan tidur dengan nyenyak sepanjang malam. Sebaiknya Anda tidur dalam suhu ruangan yang sejuk. Kamar tidur yang sejuk akan membantu produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang membantu Anda tidur pulas.

Penelitian mengungkapkan bahwa suhu kamar terbaik untuk tidur adalah 18-22 derajat Celcius. Namun, dr. Aparajitha Verma, seorang spesialis saraf di Houston Methodist Hospital di Texas mengatakan bahwa suhu tidur setiap orang beda-beda. Intinya, jangan sampai Anda kedinginan atau kepanasan.

Jangan memosisikan tempat tidur Anda persis di depan pendingin ruangan atau kipas angin karena Anda mungkin jadi tidak nyaman. Sedangkan kalau Anda mudah kepanasan di malam hari, Anda bisa memosisikan tempat tidur di dekat jendela agar sirkulasi udara lebih lancar dan sejuk.

6. Kamar tidur tidak mampu meredam suara bising

Apakah kamar tidur Anda berada di area yang bising? Jika ya, siasati dengan cara memasang lapisan gabus atau busa peredam suara khusus di dinding.

Semua hal di atas sebaiknya diiringi dengan waktu tidur yang ideal, yakni setidaknya 7 jam semalam. Dengan begitu akan tercipta lingkungan yang mendorong Anda untuk tidur dengan tenang dan nyaman.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Ruangan komen telah ditutup.