Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ganjar Ingatkan Kesehatan Pengungsi Banjir Kudus Harus Selalu Dipantau

Ganjar Pranowo meninjau dapur umum di pengungsian banjir Gereja Kristen Muria Kudus Tanjungkarang. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Kudus – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi pengungsi banjir Kudus Gereja Kristen Muria Kudus Tanjungkarang dan di Desa Karangrowo, Kudus, Kamis (12/1/2023). Ganjar meminta seluruh elemen kesehatan memperhatikan kondisi kesehatan para pengungsi.

Pasalnya di beberapa titik, Ganjar mendapat laporan warga yang mengungsi mulai gatal-gatal, ISPA, dan ada yang sakit perut.

”Yang sakit perut, saya curiga tidak cuci tangan gitu. Maka saya minta sediakan hand sanitizer atau sabun untuk cuci tangan. Karena dalam kondisi seperti ini betul-betul harus sering dibersihkan,” kata Ganjar.

Mantan anggota DPR RI itu juga mengingatkan kepada masyarakat terdampak banjir, agar mengupayakan bisa mandi dengan air mengalir dan sabun.

”Kalau mandi pakai sabun semuanya karena pasti akan banyak penyakit-penyakit berpotensi menjangkiti mereka yang di pengungsian. Tim pengungsian harus mengontrol, dan alhamdulillah di setiap posko ada tim kesehatan yang bagus dan ini (banjir) mulai surut,” tuturnya.

Baca: Ganjar Upayakan Percepatan Penanganan Banjir Kudus

Ganjar memastikan terus berkomunikasi lintas sektor untuk mempercepat penanganan banjir yang masih terjadi di Kabupaten Kudus. Pasalnya, saat ini masih ada 29 desa di empat kecamatan di Kudus yang masih banjir.

”Kita sedang perhatikan di beberapa daerah yang masih tergenang,” ungkapnya.

Sebelum GKMI Tanjungkarang, Ganjar juga berkunjung ke posko pengungsian banjir di Dukuh Ngelo, Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus.

Kedatangannya Ganjar sendiri tampak menjadi pelipur lara bagi para pengungsi. Mereka tampak semringah dengan kehadiran gubernur dengan khas rambut putihnya itu.

Baca: Ganjar Puji Kades Karangrowo Kudus Sigap Tangani Korban Banjir

Ganjar membagikan mainan untuk pengungsi anak-anak. Ganjar juga tampak gayeng dengan para lansia dan emak-emak yang saat ia tiba, mereka sedang memasak lauk pauk untuk makan siang para pengungsi.

Adapun banjir melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Kudus sejak Sabtu (31/12/2023). Selain disebabkan curah hujan yang tinggi, banjir juga disebabkan pendangkalan sungai.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.