Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Menteri Basuki: Sungai Juwana Pati Tak Layak Jadi Buangan Banjir

Menteri Basuki Sungai Juwana Pati Tak Layak Jadi Buangan Banjir

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau Jembatan Juwana. (Murianews/Umar Hanafi)

Murianews, Pati – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono menyebut Sungai Juwana Pati tak layak jadi buangan banjir. Itu diungkapkannya saat meninjau banjir di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Kamis (12/1/2023).

Menurutnya salah satu faktor awetnya banjir di Kabupaten Pati lantaran pintu air ke arah Sungai Juwana dibuka. Itu membuat puluhan desa di sekitar Sungai Juwana atau yang juga disebut Sungai Silugonggo mengalami banjir.

Ia mengatakan dulunya Sungai Juwana memang didesain untuk menjadi tempat pembuangan banjir. Namun, Basuki menilai saat ini sudah tidak layak untuk menjadi tempat pembangunan banjir.

Baca: Cegah Banjir Lagi, Ganjar Usul Sungai Juwana Pati Diberi Tanggul Raksasa

’’Bendungan Wilanglung kami tutup kalau tidak tutup ini terus banjir. Juwana dulu itu tempat buangan banjir. Tetapi sekarang sudah tidak bisa digunakan untuk buangan banjir,’’ ujar dia.

Ia menilai penutupan itu bisa membuat banjir di Kabupaten Pati cepat surut sehingga warga tidak perlu berlama-lama berjibaku dengan banjir.

’’Jadi kita tutup 11 pintu di sana. Kali Wulan hanya 2 pintu. InsyaAllah akan banyak dampaknya. Kita juga akan normalisasi Sungai Juwana,’’ pungkas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.