Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 12 Januari, Ini Daftarnya

Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 12 Januari Ini Daftarnya

Foto: Personil Band Led Zeppelin (wikipedia.org)

 

Murianews, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 12 Januari dari tahun ke tahun. Selain dari dalam negeri, ada banyak catatan sejarah yang terjadi di berbagai negara lainnya.

Salah satunya adalah Band hard rock Led Zeppelin merilis album pertamanya tahun 1969. Led Zeppelin adalah kelompok musik rock dari Inggris yang dibentuk bulan September 1968, dan dibubarkan setelah pemain drum John Bonham meninggal.

Led Zeppelin terdiri dari Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones, dan John Bonham. Dengan musiknya yang menonjolkan suara gitar yang keras dan berat, Led Zeppelin dianggap sebagai salah satu band heavy metal yang pertama.

Baca juga: Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 11 Januari, Ini Daftarnya

Sebagian besar lagu-lagu mereka merupakan interpretasi musik blues dan folk yang diberi nuansa rock, termasuk rockabilly, reggae, soul, funk, jazz, musik klasik, musik Kelt, musik India, musik Arab, musik pop, musik Amerika Latin, dan musik country.

Led Zeppelin tidak pernah merilis singel dari lagu-lagunya yang menjadi populer di Britania Raya. Alasannya, mereka lebih menyukai konsep musik rock berorientasi album.

Setelah 25 tahun bubar akibat meninggalnya John Bonham pada tahun 1980, Led Zeppelin tetap disanjung penggemar musik berkat pencapaian artistik, kesuksesan komersial, dan pengaruhnya yang luas di kalangan musisi rock.

Hingga saat ini, album Led Zeppelin telah laku lebih dari 300 juta keping. Di antaranya, 109,5 juta keping laku di Amerika Serikat, dan menjadi satu-satunya grup musik yang berhasil menempatkan semua albumnya ke dalam urutan Top 10 tangga album Billboard.

Selain itu, Led Zeppelin menempati urutan nomor satu dalam Daftar 100 Artis Hard Rock Terbesar (100 Greatest Artists of Hard Rock) versi VH1. Pada 10 Desember 2007, tiga orang anggota Led Zeppelin mengadakan konser reuni yang dipersembahkan untuk Ahmet Ertegün di The O2, London.

Berikut daftar sejarah lainnya tanggal 12 Januari, seperti dilansir dari Wikipedia:

1528

Gustav I dari Swedia menjadi Raja Swedia.

1709

Zaman Es Kecil: Masa beku selama dua bulan dimulai di Prancis – Pantai Atlantik dan Sungai Rhine membeku, tanaman gagal panen dan setidaknya 24.000 warga Paris meninggal.

1875

Kwang-su menjadi Kaisar Tiongkok.

1898

Ito Hirobumi memulai masa bakti ketiganya sebagai Perdana Menteri Jepang.

1908

Pesan radio jarak jauh dikirim dari Menara Eiffel untuk pertama kalinya.

1926

Freeman Gosden dan Charles Correll memulai program radio mereka Sam ‘n’ Henry, pendahulu Amos ‘n’ Andy; kemungkinan adalah sitkom pertama.

1940

Perang Dunia II: Rusia mengebom kota-kota di Finlandia.

1945

Perang Dunia II: Uni Soviet memulai serangan besar di Eropa Timur melawan Nazi.

1964

Para pemberontak di Zanzibar memulai suatu pemberontakan dan kemudian memproklamirkan sebuah republik.

1966

Lyndon B. Johnson menyatakan bahwa Amerika Serikat harus tetap tinggal di Vietnam Selatan hingga agresi Komunis di sana berakhir.

1966

Versi TV Batman, Batman the TV series memulai debutnya di saluran televisi ABC.

1966

Semua kesatuan aksi yang tergabung dalam Front Pancasila mendatangi DPR-GR menuntut Tritura.

1969

Band Hard rock Led Zeppelin merilis album pertamanya.

1970

Biafra menyerah, mengakhiri perang saudara Nigeria.

1976

Dewan Keamanan PBB melakukan voting dengan hasil 11-1 untuk membolehkan Organisasi Pembebasan Palestina untuk berpartisipasi di dalam perdebatan Dewan Keamanan (tanpa hak suara).

1991

Perang Teluk Persia: Sebuah undang-undang Kongres AS memberikan persetujuan penggunaan militer untuk memaksa Irak keluar dari Kuwait.

1992

Dalam film 2001: A Space Odyssey, HAL 9000, sebuah komputer fiktif, seharusnya diaktifkan pada tanggal ini.

1998

19 negara Eropa setuju untuk melarang kloning manusia.

2010

Gempa bumi Haiti dengan episenter dekat kota Léogâne 7,0 Skala Richter berdampak pada 3 juta penduduk, perkiraan korban meninggal 230.000 orang, luka-luka 300.000 orang, dan 1.000.000 orang kehilangan tempat tinggal.

2015

Pemain bola Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia untuk ke 3 kalinya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: wikipedia.org

Ruangan komen telah ditutup.