Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mentan Bakal Ganti Padi Gagal Panen Akibat Banjir di Grobogan

Mentan Bakal Ganti Padi Gagal Panen Akibat Banjir di Grobogan

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo (dua dari kanan) bersama Bupati Sri Sumarni memanen padi dengan combine di sawah Desa Werdoyo, Kecamatan Godong, Grobogan, Jawa Tengah, Kamis (12/1/2023). (Murianews/Saiful Anwar)

Murianews, Grobogan – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengganti padi milik petani yang puso atau gagal panen gara-gara banjir di Kabupaten Grobogan, Kamis (12/1/2023).

Penggantian itu dilakukan dalam rangkaian agenda panen raya di Desa Wedoyo, Kecamatan Godong. Bersama Bupati Grobogan Sri Sumarni, Syahrul mengendarai combine untuk memanen padi.

’’Semua yang terdata, sesuai kata Ibu Bupati tadi, ada banjir dan puso, dari (agenda) ini kita gerakkan untuk mengganti bibit. Kita berharap bibit itu diganti, diberikan kepada petani langsung. Itulah gunanya negara, menyokong hal-hal seperti itu,’’ ujar dia.

Sejumlah petani dari beberapa desa yang terdampak banjir mendapatkan bantuan bibit melalui gabungan kelompok tani (gapoktan).

Baca: Anak-Anak Korban Banjir di Grobogan Dapat Trauma Healing

Mayoritas yang mendapatkan bantuan bibit itu yakni gapoktan dari Kecamatan Brati. Diketahui wilayah itu merupakan daerah yang terdampak banjir paling parah.

Di kesempatan itu, Syahrul mengapresiasi Bupati dan Forkompinda Grobogan. Sebab, mereka telah turun langsung ke area persawahan yang terdampak banjir.

Menurutnya, hubungan baik antara pemerintah dengan petani harus dijaga. Terlebih untuk kepentingan menyejahterakan para petani.

Mentan juga menyebut, Grobogan merupakan 10 besar penyokong pangan nasional. Karena itu, dirinya memberikan perhatian khusus kepada para petani di Grobogan.

Dalam setahun terakhir, Mentan tercatat sudah tiga kali menyambangi Grobogan. Pertama yakni saat panen raya jagung di Kecamatan Pulokulon, kemudian menyambangi pasar hewan di Kecamatan Godong terkait pantauan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), dan yang ketiga yakni hari ini.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.