Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Disdik Karanganyar Bolehkan Siswa Main Lato-Lato di Sekolah

Ilustrasi Lato-lato. (Iluslator: Murianews/Nafis)

Murianews, Karanganyar – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Karanganyar membolehkan para siswa bermain lato-lato di sekolah. Asalkan permainan itu dimainkan saat jam istirahat dan pulang sekolah dan tidak saat jam pelajaran.

Sekretaris Disdikbud Karanganyar Nurini Retno Hartati mengatakan, sejauh ini tidak ada surat edaran terkait larangan bermain lato-lato di sekolah yang diterbitkan.

”Belum ada komplain. Kalau suara bising semua mainan kan memang bising. Yang penting mainan tidak di jam pelajaran,” katanya seeprti dikutip Solopos.com, Kamis (12/1/2023).

Baca: Sekolah di Lampung Ini Terbitkan SE Larangan Siswa Membawa Lato-Lato

Disdikbud Karanganyar tak ingin latah ikut melarang permainan lato-lato. Menurut Nurini yang terpenting permainan lato-lato dimainkan bukan di jam pelajaran.

Bisa saat jam istirahat atau pulang sekolah. Hal ini juga berlaku bagi mainan apa pun, tidak hanya lato-lato.

”Jadi monggo (silahkan) saja bawa mainan itu,” kata Nurini.

Dia juga mengaku belum menerima laporan dampak buruk anak bermain lato-lato. Saat ini permainan tersebut tengah digandrungi anak-anak sampai orang dewasa.

Baca: Viral Siswa Kelas 3 SD di Banyumas Buta Kena Lato-Lato, Kades Sokanegara: Itu Hoaks

Ada sisi positif permainan lato yang menggeser anak ketergantungan pada ponsel pintar. Dengan bermain lato-lato, anak-anak tak perlu mengeluarkan uang membeli kuota internet. Apalagi harga lato-lato sangat terjangkau.

”Bermain lato-lato membuka interaksi antarsesama teman. Saya lebih suka anak-anak yang membuka diri di lingkungan sosial dan menghindari kecanduan gadget,” Katanya.

Disdikbud Karanganyar tak ingin bereaksi berlebihan mengenai fenomena lato-lato. Pihaknya mempersilakan anak-anak sekolah mengikuti lomba permainan itu yang kini marak digelar. Asalkan bermain sewajarnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.