Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Terendam Banjir, Ratusan Hektare Sawah Padi di Dorang Jepara Puso

Terendam Banjir Ratusan Hektare Sawah Padi di Dorang Jepara Puso

Ratusan hektare sawah di Desa Dorang Jepara masih tergenangi banjir. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

Murianews, Jepara – Banjir masih merendam sekitar 150 hektare sawah padi di Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, Jepara, Kamis (12/1/2023). Tanaman padi di sana pun dipastikan puso atau gagal panen.

Dari pantauan, meski masih terendam, kini tanaman padi sudah terlihat batangnya. Sebelumnya, seluruh tanaman padi di sawah itu terendam penuh.

Dua mesin pompa air pun terus dioperasikan untuk membuang air yang menggenangi sawah. Air itu dipompa menuju Sungai SWD II.

Para petani desa setempat berharap bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab Jepara). Itu diungkapkan Arif Supratiknyo, Petinggi Desa Dorang.

Baca: Jadi Penyebab Banjir di Jepara, Normalisasi Sungai SWD I dan II Dipercepat

Ia mengatakan, tanaman padi itu baru masuk dalam musim tanam pertama. ’’Kami harap ada bantuan untuk petani. Padinya pasti gagal panen itu,’’ harap Arif.

Menanggapi hal itu, Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta menyanggupinya. Pihaknya meminta agar Arif segera berkomunikasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Jepara terkait permintaannya itu.

’’Segera laporan ke BPBD atau DKPP. Nanti akan dibantu,’’ jelas Edy Supriyanta.

Terkait dengan pencegahan banjir tahunan di Desa Dorang, Edy mengatakan turut membantu program-program yang sudah digariskan Kementerian PUPR RI.

Program-program itu antara lain normalisasi Sungai SWD I dan II, pembuatan saluran atau drainase di antara dua sungai itu dan menjaga lingkungan di wilayah sungai dan sekitarnya.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.