Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Sumbar

Ganja Sebanyak 36 Kilogram Disimpan di Perpustakaan Sekolah

Ganja Sebanyak 36 Kilogram Disimpan di Perpustakaan Sekolah

Ganja ditemukan sudah dalam kondisi terbungkus (Detik.com)

Murianews, Padang Pariaman – Ganja sebanyak 36 kilogram sengaja disimpan di perpustakaan SD negeri 18 Sanur Tengah, Kecamatan Korong Koto Rajo Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Diduga, ganja tersebut merupakan milik penjaga sekolah yang berinisial J.

Barang haram tersebut pertama kali diamankan oleh Babinsa Koramil Pauh Kambar bersama warga setempat yang mendapat laporan dari pihak sekolah.

Plt.Danramil Pauh Kambar, Letda inf Syahrul mengatakan, total berat ganja tersebut ada 36 kilogram dan sudah dijadikan 24 paket dalam ukuran besar. Laporan berasal dari salah seorang guru di sekolah itu yang membuka ruang pustaka.

Baca: Nekat! Selain Dikonsumsi, Pemuda Sleman Ini Juga Tanam Ganja di Dalam Kamar

”Saat itu dia melihat 24 paket bungkusan besar berwarna kuning yang belum diketahui isinya. Karena curiga, ia kemudian melapor kepada kepala sekolah yang kemudian bersama petugas Babinsa melakukan pengecekan dan membuka bungkusan yang ternyata isinya ganja,” jelas Syahrul mengutip Detik.com, Kamis (12/1/2023).

Sementara Kasat Narkoba Polres Padang Pariaman Iptu Syafwal mengatakan, penjaga sekolah yang merupakan terduga pemilik ganja ini sudah diamankan.

”Tersangka berinisial J. Sudah kita amankan. Tadi dijemput di Polsek,” ungkapnya.

Menurut Syafwal, J ini merupakan mantan narapidana di Lapas Pariaman. Ketika sudah keluar, bersangkutan menerima telepon dari bekas temannya sesama penghuni Lapas Pariaman dulu. J mendapat kiriman barang haram tersebut dari Padang Sidempuan, Sumatera Utara (Sumut).

”Dulu, J ini pernah masuk penjara. Tapi kasusnya beda. Bukan Narkoba. Di Lapas, ia punya kawan yang saat ini mengirimkan ganja tersebut,” jelasnya.

Tersangka dijanjikan uang Rp 4 juta untuk menampung sementara ganja kering tersebut, sebelum dijemput seseorang.

Baca: Beredar Rumor di DPR, Kapolda Jatim Ditangkap Karena Narkoba

”Orang yang nelpon itu minta nitip dulu sebelum dijemput seseorang. J diiming-imingi Rp 4 juta,” katanya lagi.

J bersama barang bukti kini diamankan di Mapolres Padang Pariaman untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Ruangan komen telah ditutup.