Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mengobati Luka dengan Lidah Buaya, Efektif Apa Tidak? Ini Penjelasannya

Mengobati Luka dengan Lidah Buaya Efektif Apa Tidak Ini Penjelasannya

Foto: Tanaman lidah buaya  (Rosina-Sch dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Hampir semua orang pernah mengalami luka di beberapa bagian tubuh. Entah itu terjatuh, terkena benda tajam, atau akibat terbakar.

Saat mengalami luka, biasanya langsung melakukan pertolongan pertama. Obat merah biasanya jadi pilihan pertama untuk mengobati luka.

Namun, jika tidak ada obat merah, biasanya ada obat alternatif lain yang digunakan. Salah satunya adalah menggunakan lidah buaya.

Baca juga: Ketahui, Ini Ciri Luka di Kaki Akibat Penyakit Diabetes dan Cara Pengobatannya

Bagi banyak orang, lidah buaya dipercaya bisa mencegah agar luka tidak tambah parah. Caranya pun cukup mengoleskan lendir dari lidah buaya ke dalam luka.

Pertanyaanya, benarkah lidah buaya bisa digunakan untuk mengobati luka? Melansir dari Hellosehat, Rabu (11/1/2023), lidah buaya merupakan salah satu obat tradisional yang sering digunakan untuk membantu mengobati berbagai luka, termasuk luka bakar dan luka lecet. Tanaman ini dapat membantu menyembuhkan luka sebab mampu meningkatkan produksi keratinosit yang cukup kuat dan menambah rangsangan migrasi sel kulit.

Keratinosit merupakan sel yang menyusun epidermis dan berfungsi untuk mencegah kelembapan serta senyawa kimia asing yang keluar masuk tubuh.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung senyawa glukomanan. Senyawa ini bisa mendorong pertumbuhan regenerasi sel dan produksi kolagen, yaitu protein yang dapat mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, menurut penelitian dari jurnal Wounds, lidah buaya memiliki efek antiradang, antivirus, dan antiseptik yang dipercaya dapat membantu proses penyembuhan luka.

Dengan meningkatnya produksi keratinosit kulit, maka luka semakin cepat menutup dan pulih. Rasa sakit dan peradangan pada luka Anda pun bisa berkurang berkat penggunaan lidah buaya.

Tips menggunakan gel lidah buaya untuk menyembuhkan luka

Gel lidah buaya biasanya digunakan untuk mengobati luka terbuka agar terlindungi dari paparan senyawa asing lingkungan luar.

Jika Anda lebih memilih untuk menggunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya, ada beberapa langkah yang bisa membantu Anda untuk mengolahnya menjadi gel segar, seperti di bawah ini.

  • Buang 3-4 daun lidah buaya sekaligus dan pilih daun yang paling tebal.
  • Potong daun dekat batang karena sebagian besar nutrisi lidah buaya ada di pangkalnya.
  • Hindari akarnya dan cuci daunnya, keringkan beberapa menit.
  • Potong ujung daun lidah buaya yang berduri dengan pisau.
  • Pisahkan gel yang ada di dalam daun dan biarkan getahnya mengalir dari daun.
  • Potong gel lidah buaya menjadi irisan atau berbentuk kotak.
  • Letakkan di dalam wadah yang tertutup. .

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Apabila Anda mengalami luka terbakar karena paparan sinar matahari, oleskan lidah buaya beberapa kali dalam sehari pada daerah tersebut.

Namun, ketika luka bakar yang Anda alami termasuk parah, segera konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan lidah buaya.

Efek samping penggunaan lidah buaya

Meskipun termasuk obat topikal yang aman digunakan untuk menyembuhkan luka, bukan berarti lidah buaya tidak memiliki efek samping.

Bagi orang yang memiliki kulit yang sensitif, lidah buaya bisa menimbulkan reaksi alergi berupa gatal-gatal dan menimbulkan sensasi terbakar. Tidak hanya itu, lidah buaya juga bisa menurunkan kemampuan alami kulit Anda untuk pulih dari bekas luka operasi.

Sebaiknya, hindari pemakaian gel lidah buaya langsung pada kulit yang terinfeksi. Hal tersebut dikarenakan terdapat sifat mikroba yang bisa mengganggu proses penyembuhan dan memperparah infeksi Anda.

Selain itu, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi lidah buaya secara oral, baik memakannya langsung atau dalam bentuk kapsul untuk menyembuhkan luka.

Konsumsi obat lidah buaya justru hanya akan memberikan efek yang sedikit pada kulit dan sifatnya seperti obat pencahar, sehingga meningkatkan risiko masalah pencernaan.

Lidah buaya memang bisa digunakan untuk mengobati luka pada kulit bagian luar. Namun, jika luka tersebut termasuk parah, segera cari bantuan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Ruangan komen telah ditutup.