Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mungkin Hanya Ronaldo yang Tak Terkesan Capain Messi

Budi Santoso ([email protected])

Murianews, Doha – Lionel Messi akhirnya bisa membuktikan kemampuannya setelah berhasil merebut gelar Juara Piala Dunia 2022 Qatar. Mungkin hanya Ronaldo yang tak terkesan atas capaiannya ini.

Sebagai pemain yang disebut-sebut menjadi terbaik di dunia, Lionel Messi seringkali masih diragukan. Semua tak lain karena keberadaan Ronaldo, yang selalu menjadi rival sepanjang karirnya.

Bagi dua pemain yang disebut-sebut selalu terlibat rivalitas siapa yang paling hebat, Piala Dunia 2022 mungkin menjadi panggung terakhir mereka. Ronaldo bersama Portugal, pada akhirnya mendapati nasib buruk di turnamen ini.

Portugal gagal melaju ke semifinal setelah dihantam Maroko secara menyakitkan. Dari sisi Ronaldo sendiri, Piala Dunia 2022 adalah puncak kekecewaannya, setelah drama panjang yang melibatkannya di klub Manchester United sejak awal musim lalu.

Ronaldo akhirnya dipecat Manchester United, disaat dirinya bersiap menghadapi Piala Dunia 2022. Tekanan dari banyak pihak atas kontribusinya di Portugal juga meningkat. Semua dihubung-hubungkan dengan sikap egois dirinya, yang dinilai membuat tim Portugal terdampak.

Bersama Portugal, Ronaldo bahkan nyaris tak memiliki kontribusi. Hanya mencetak satu gol, Ronaldo selanjutnya kembali memunculkan drama di tubuh tim Portugal, setelah dirinya dicadangkan Fernando Santos.

Tangisannya saat memasuki ruang ganti Stadion Al Bayt, usai Portugal kalah dari Maroko adalah prestasinya di Piala Dunia 2022. Di sisi lain, Lionel Messi yang disebut-sebut sebagai rivalnya justru menapaki momen-momen indah, meski sempat tertatih bersama Argentina.

Lionel Messi mengawali turnamen dengan penampilan yang tidak menyakinkan. Usianya yang sudah mencapai 35 tahun, menunjukan kemampuannya tak sehebat dulu. Namun dari sisi kontribusi, Messi untungnya masih mampu memberi peran.

Dari satu pertandingan ke pertandingan Messi mencetak gol untuk bersaing dengan Kylian Mbappe yang jauh lebih muda untuk gelar Top Skor Piala Dunia 2022. Messi juga menunjukan dirinya lebih mementingkan timnya, dengan membuat banyak assist untuk kemenangan timnya.

BACA JUGA: Lionel Messi Akhirnya Angkat Trofi Piala Dunia

Puncaknya adalah saat Messi memimpin Argentina menghadapi sikap pantang menyerah pemain-pemain muda Prancis di Final yang berlangsung Stadion Lusail, Minggu (18/12/2022) malam WIB.

Meski tidak menunjukan permainan eksplosif seperti beberapa tahun lalu, Messi menunjukan masih bisa memberi peran penting bagi timnya. Di pertandingan melawan Prancis, diriya masih mampu memberi pengaruh pertandingan secara nyata.

Sikapnya dihargai FIFA dengan memberinya gelar pemain terbaik di turnamen. Tentunya gelar ini tidak begitu saja diberikan, jika tidak melihat bagaimana kinerja Lionel Messi bersama Timnas Argentina.

Jika sebelumnya Messi selalu disebut-sebut tak layak menjadi pemain terbaik sepanjang masa, kini mungkin saatnya semua harus mengakuinya. Semua gelar kini sudah pernah dirasakannya, termasuk Piala Dunia yang selalu dijadikan dasar atas keraguan pada dirinya.

Mungkin hanya Ronaldo yang tidak terkesan atas capain Messi, saat ini. Namun setelah Piala Dunia berhasil dipeluknya, mudah-mudahan saja tidak demikian adanya. Barangkali Ronaldo sudah waktunya untuk mengakui kehebatan seorang Lionel Messi.

Penulis: Budi Santoso
Editor: Budi Santoso

Ruangan komen telah ditutup.