Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Margo Laras Pati Serahkan Bantuan Kaki Palsu hingga Motor untuk Disabilitas

Margo Laras Pati Serahkan Bantuan Kaki Palsu hingga Motor untuk Disabilitas

Anggota DPR RI, Riyanta menyerahkan bantuan kepada penyandang disabilitas. (Murianews/Umar Hanafi)

Murianews, Pati – Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Margo Laras Pati menyerahkan sejumlah alat bantu untuk penyandang disabilitas. Alat bantu itu mulai dari kaki palsu hingga motor roda tiga.

Penyaluran bantuan itu digelar di Aula BRSPDM Margo Laras Pati, Kamis (8/12/2022). Hadir dalam kegiatan itu Kepala BRSPDM Margo Laras Pati Jiwaningsih, Anggota DPR RI Riyanta dan sejumlah tamu undangan.

Jiwaningsih mengatakan acara ini merupakan untuk memeringati Hari Disabilitas Internasional. Pemberian bantuan tersebut juga sesuai tema, ’’Indonesia Melihat, Berjalan dan Mendengar’’.

Baca: Santunan Kematian di Pati Diserahkan, Total Rp 258 Juta

’’Khusus di momen ini kami melaksakan atau memperingati dengan memberikan alat bantu dengar, kaki palsu, kursi roda dan motor,’’ terang Jiwaningsih.

Adapun perincian bantuan yang diserahkan yakni, 18 alat bantu dengan, 5 unit motor roda tiga, sejumlah tongkat adiktif, atan sebuah kaki palsu. Selain itu, ada juga alat bantu kewirausahaan untuk disabilitas.

’’Kita juga memberikan sembako dan nutrisi. Ada total bantuan yang diberikan sebanyak Rp 1,36 miliar lebih,’’ katanya.

Pihaknya juga bakal menggelar operasi katarak di Kabupaten Pati. Acara itu nantinya diselenggarakan secara gratis dan terbuka bagi siapa saja selama masih ada kuota.

’’Kami berharap bermanfaat bagi penyandang disabilitas sehingga dapat mempelancar mobilitas mereka melaksanakan aktivitas sehari-hari terbantu. Memang mereka kadang terkendala pada akses salah satunya alat bantu,’’ kata dia.

Anggota DPR RI Riyanta mengapresiasi BRSPDM Margo Laras Pati. Ia berharap alat bantu yang diberikan bisa bermanfaat bagi penyandang disabilitas dan mendukung mobilitas mereka.

’’Saya mengapresiasi kementerian sosial, salah satu tugas menyejahterakan masyarakat Indonesia,’’ kata dia.

Baca: Kerusakan Kendeng Pati Disebut Sebabkan Banjir, Ganjar: Tambang Ilegal Sikat Saja

Hal senada juga diungkapkan salah satu penerima, Hardi. Penyandang disabilitas yang menerima kaki palsu ini bersukur atas bantuan tersebut. Ia berharap dapat aktivitas dengan lebih lanjar nantinya.

’’Terimakasih dengan bantuan ini. Semoga kaki palsu kami berharap dapat berjalan dengan lancar,’’ kata warga Rembang ini.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.