Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Istri Wagub Jateng Dapat Anugerah Perempuan Inspiratif Indonesia 2022, Ini Kiprahnya

Istri Wagub Jateng Dapat Anugerah Perempuan Inspiratif Indonesia 2022 Ini Kiprahnya

Foto: Istri Wakil Gubernur Jateng Hj Nawal Nur Arafah mendapat penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia (PII) 2022. (istimewa)

Murianews, Semarang – Istri Wakil Gubernur Jateng Hj Nawal Nur Arafah mendapat penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia (PII) 2022.

Anugerah tersebut diterima Nawal dalam ajang PII 2022 yang dihelat oleh Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) di Auditorium Garuda, Kementerian Perindustrian RI, Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Bersama dengan 61 tokoh perempuan lainnya, Nawal dinilai mampu berkontribusi bagi masyarakat melalui lembaga maupun kiprah yang ditekuninya.

Baca juga: Datang ke Tegal, Wagub Taj Yasin Ajak Warga Tak Takut Divaksin

Nawal mengatakan, peran perempuan diperlukan untuk membangun negeri ini. Oleh karenanya, pemberdayaan perempuan sangat penting untuk digencarkan. Menurutnya perempuan itu bisa menjadi seorang inspirasi dan berbuat sesuatu yang lebih.

Ketua umum Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Jateng ini menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan melalui program Desa Sejahtera (Destara). Program ini, lanjutnya, fokus pada pemberdayaan perempuan rentan.

”Kami banyak sekali melakukan pelatihan-pelatihan bagi mereka. Saya menggandeng IPEMI untuk hal ini, dan semua wanita kita support women,” kata Nawal, usai acara penganugerahan.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh IPEMI. Menurutnya, perempuan harus berkarya dan membuat inspirasi terhadap kemajuan bangsa Indonesia. Diungkapkan, beberapa kali IPEMI bekerja sama dengan Pemprov Jateng untuk mengangkat UMKM-UMKM yang ada di Jawa Tengah.

Lebih jauh, Taj Yasin menyebut setiap perempuan juga memiliki peran penting untuk mendidik generasi penerus. Menurutnya, perempuan yang menjadi ibu rumah tangga mengurus anak-anak dan keluarganya juga merupakan wanita yang hebat.

”Jangan salah bahwa mendampingi anak-anak itu lebih berat dari pada kami-kami para suami, bagaimana pun juga mendampingi anak-anak inilah yang kelak anak-anak itu menjadi orang yang hebat,” imbuhnya.

Selain penganugerahan, IPEMI juga membukukan para tokoh penerima penghargaan. Terdapat 62 tokoh perempuan dari berbagai kalangan yang menerima Anugerah PII dan ditulis dalam buku tersebut. Mereka merupakan entrepreneur, pendidik, anggota Dewan Legislatif, artis, hingga para profesional lainnya. Mereka terpilih setelah melalui riset dan seleksi yang ketat dari IPEMI dan Majalah IPEMI serta masukan dari berbagai tokoh.

Acara PII 2022 juga menampilkan berbagai produk fashion, kuliner, dan craft dari Provinsi Jawa Tengah dan IPEMI Pusat. Selain itu, juga ada berbagai pelatihan dan talkshow. Tema yang diangkat adalah Perempuan Tangguh. Jateng Gayeng, Indonesia Maju.

Sementara itu, Ketua Umum IPEMI Inggrid Kansil mengatakan, banyak upaya, inisiatif, gagasan, dan aksi yang sudah dilakukan oleh para perempuan baik di tingkat nasional hingga global.

Semua aksi cerdas yang dilakukan menjadi penyemangat untuk menebar inspirasi dan manfaat bagi kehidupan yang lebih baik. Selain itu, kiprah para perempuan juga bisa menjadi contoh dan teladan bagi generasi masa depan bangsa.

”Perempuan hebat tak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga atau sebagai perempuan karir saja. Tapi juga harus bisa menjadi panutan atau sosok yang bisa menginspirasi orang lain, baik laki-laki maupun perempuan,” katanya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus

Ruangan komen telah ditutup.