Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Penyaluran STB Gratis di Kudus Sisakan Banyak Komplain

Ilustrasi: STB yang dijual di salah satu toko di Kudus (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

Murianews, Kudus – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, telah rampung mengawasi jalannya pendistribusian 17 ribu set top box (STB) gratis untuk masyarakat di Kota Kretek. Semenjak itu pula banyak komplain masuk ke dinas ini.

Komplain mulai dari kurang beresnya pemasangan STB dan hal teknis lainnya. Ada juga yang komplain kepada Diskominfo karena mereka tidak mendapatkan jatah STB gratis tersebut.

”Bermacam-macam pokoknya. Ada yang sampai datang ke kantor kami untuk meminta STB, ini juga terjadi di Dinas Kominfo daerah lain, hampir sama semua keluhannya,” kata Kepala Diskominfo Kudus Dwi Yusie Sasepti, Rabu (7/12/2022).

Terkait aduan-adua tersebut, pihaknya memang tidak bisa berbuat banyak. Pihaknya hanya bisa meneruskan aduan itu pada Kementerian Komunikasi atau menghubungkan keluhan pada penyedia vendor.

Baca:Toko-Toko Elektronik di Kudus Kehabisan STB, Pembeli Kecele

Karena perlu diketahui, pihaknya hanya melakukan pengecekan pendistribusian STB saja. Sementara datanya, berasal dari Kementerian Sosial dan pemasangnya berasal dari salah satu perusahaan swasta di Kota Kretek.

”Kalau memang ada keluhan, biasanya kami arahkan langsung kepada vendornya, karena saat akan dilakukan pendistribusian dan pemasangan. Kami minta mereka berkomitmen untuk memasang sampai bisa digunakan, jadi tidak menimbulkan permasalahan,” ungkapnya.

Baca: TV Analog Dimatikan, Toko Elektro di Kudus Diserbu Pembeli STB

Walau demikian, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika sendiri menyediakan layanan konsultasi maupun aduan. Utamanya bagi warga yang mengalami permasalahan dalam pemasangan STB ini.

”Bisa langsung menghubungi call center layanan STB ke nomor Kementerian Kominfo 159, atau bisa menghubungi di layanan pemerintah provinsi ke nomor 085225777043,” pungkasnya.

STB merupakan alat penangkap siaran TV digital untuk TV analog. STB ini diperlukan lantaran siaran TV analog sudah dimatikan oleh pemerintah.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.