Jumat, 29 Maret 2024

Ketahui, Ini Beragam Jenis Mobil SUV yang Ada di Pasaran

Murianews
Senin, 5 Desember 2022 07:36:30
Foto: Ilustrasi mobil SUV (wuling.id)
Murianews, Kudus – Mobil SUV merupakan salah satu tipe mobil yang cukup populer dan digemari banyak orang. Tipe mobil jenis ini dikenal karena kekuatannya sehingga tangguh digunakan dalam segala medan. SUV adalah singkatan dari Sport Utility Vehicle yang bisa diartikan sebagai kendaraan utility sport. Sesuai namanya, mobil tipe ini merupakan kombinasi dari dua tipe mobil yaitu mobil penumpang dan mobil off-road. Dengan perpaduan tersebut, SUV tidak hanya cocok digunakan berkendara di kota saya. Namun, mobil SUV juga bisa digunakan di medan yang berat seperti jalanan yang berlubang. Baca juga: Jangan Sembarangan! Ini Cara Pilih Oli yang Tepat untuk Mobil MPV Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi, jenis dan kategori mobil SUV saat ini makin beragam. Ada mobil SUV jenis kecil, sedang hingga besar yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Melansir dari laman Wuling, Senin (5/12/2022), secara umum mobil jenis SUV memiliki 4 tipe. Yaitu, SUV mini, SUV Compact, SUV sedang dan SUV besar. Berikut penjabaran dari masing-masing jenis mobil SUV tersebut: 1. SUV Mini Seperti namanya, mobil SUV jenis ini memiliki ukuran kecil atau mini. Mobil ini biasanya dibekali dengan kapasitas mesin dan silinder yang kecil serta bahan bakar yang digunakan adalah bensin. Rata-rata mobil SUV mini menggunakan mesin berkapasitas 1.0 -1.8 cc. Meskipun mini, akan tetapi mobil ini mampu menampung hingga 5 orang penumpang. Mobil ini cocok untuk digunakan perjalanan ke luar kota bersama keluarga tercinta karena meskipun kecil namun nyaman dan tangguh dalam segala medan. Kelebihan:
  • Harga terjangkau
  • Mudah parkir
  • Cocok untuk anak muda dan keluarga kecil
2. SUV Compact SUV Compact merupakan jenis mobil SUV yang cocok untuk digunakan di jalan raya. Jenis mobil SUV adalah memiliki ukuran kecil akan tetapi kapasitas mesin yang digunakan lebih besar dari SUV mini. SUV Compact rata-rata menggunakan mesin berkapasitas 1.8 – 2.6 cc sehingga bisa digunakan untuk perjalanan jauh. Karena bentuk body yang ramping, SUV Compact ini mampu bermanuver dengan baik di jalanan. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa mobil SUV jenis ini tidak cocok digunakan untuk off-road atau lebih cocok digunakan di jalan raya. Kelebihan:
  • Lincah bermanuver
  • Bisa digunakan untuk perjalanan jauh
  • Konsumsi bahan bakar cukup irit
  • Mudah parkir
3. SUV Sedang SUV sedang merupakan jenis mobil SUV yang memiliki ukuran lebih besar dari SUV mini dan compact. Kapasitas mesin yang digunakan oleh jenis jenis mobil SUV sedang ini juga lebih besar yaitu antara 2.4 – 2.6 cc bahkan ada juga yang menggunakan mesin berkapasitas 3.0 cc. Mobil SUV sedang ini cocok untuk perjalanan jauh karena mampu melewati segala medan namun tetap memberikan kenyamanan selama perjalanan. Kelebihan:
  • Lebih bertenaga
  • Cocok segala medan
  • Lincah
  • Kapasitas kabin cukup luas
4. SUV Besar Mobil SUV besar ini memiliki ukuran dimensi yang cukup besar sehingga mampu menampung cukup banyak penumpang. Mobil jenis ini biasanya menggunakan mesin berkapasitas 3.0 cc atau lebih besar untuk mengimbangi body kendaraan yang besar tersebut. Dengan ukuran yang besar ini, kabin lebih luas sehingga penumpang juga lebih nyaman selama perjalanan. Kelebihan :
  • Kapasitas kabin luas
  • Cocok untuk mobil keluarga
Saat ini ada banyak pilihan dan jenis mobil SUV yang bisa Anda pilih di pasaran sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi jika Anda membutuhkan mobil SUV jenis sedang atau medium dengan desain elegan dan modern, SUV Wuling Almaz RS bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan ukuran dimensi yang tak terlalu besar membuat mobil ini mudah bermanuver di jalanan sehingga cocok untuk kendaraan sehari-hari.     Penulis: Dani Agus Editor: Dani Agus Sumber: wuling.id

Baca Juga

Komentar