Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

KGPAA Mangkunegara X Hadiri Kirab Pusaka Hari Jadi ke 273 Kabupaten Blora

KGPAA Mangkunegara X Hadiri Kirab Pusaka Hari Jadi ke 273 Kabupaten Blora

Foto: Sri Paduka Mangkunegara X, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo hadiri kirab pusaka di Blora (istimewa)

Murianews, Blora – Prosesi kirab pusaka dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora tahun ini berlangsung spesial. Hal ini seiring hadirnya Sri Paduka Mangkunegara X, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo untuk menyaksikan rangkaian kirab pusaka yang diawali di Pendapa Bupati Blora, Sabtu (3/11/2022) dinihari.

Sebelum prosesi kirab dilaksanakan, Pemerintah Kabupaten Blora melakukan penandatanganan nota kesepakatan atau MoU dengan Mangkunegaran dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

”Perkenankan Saya menyampaikan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Blora, kepada seluruh masyarakat Blora atas bertambahnya usia Kabupaten Blora yang ke 273 tahun. Semoga di tahun yang ke 273 ini, kabupaten Blora semakin jaya,  makmur dan sejahtera,” terang Sri Paduka Mangkunegara X.

Baca juga: UMK Blora Tahun 2023 Diusulkan Naik Jadi Rp 2.040.080

Disampaikan, bahwa Mangkunegaran siap untuk mendukung, menjalin kerja-sama dengan Pemerintah Kabupaten Blora untuk menjaga kelestarian dan mengembangkan kebudayaan, khususnya budaya Jawa.

Adapun rangkaian prosesi Kirab Pusaka di Pendopo Dinas Bupati Blora diawali dengan Cokekan dan Tari Persembahan dari Mangkunegaran dan ISI Surakarta.

Pada kesempatan tersebut dihadiri Bupati Blora Arief Rohman, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, jajaran Forkopimda, dan pejabat lainnya.

Rute Kirab Pusaka Temu Gelang, dimulai dari Pendapa Rumah Dinas Bupati Blora melalui Pintu Gerbang kekanan menuju jalan RA Kartini-jalan Dr Soetomo-jalanGunung Sumbing menuju jalan Pemuda kemudian kembali ke pendapa.

Sebelum kirab, dilakukan upacara penyerahan pusaka. Dimana Bupati Blora menyerahkan pusaka Keris Kiai Bisma, beserta dengan Tombak Kiai Prabangkat, Tombak Kiai Gupolo dan Tombak Nyai Gupito untuk dikirab.

 

 

Kontributor Blora
Editor: Dani Agus

Ruangan komen telah ditutup.