Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Nadiem Makarim Minta Pemda Angkat Guru PPPK yang Sudah Lolos Seleksi

Nadiem Makarim Minta Pemda Angkat Guru PPPK yang Sudah Lolos Seleksi

Nadiem Anwar Makarim (Tangkapan Layar)

Murianews, Semarang – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim meminta kepada pemerintah daerah untuk mengangkat guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk diprioritaskan.

Hal ini mengingat untuk kebutuhan guru di daerah, masih sangat kekurangan. Ditambah, setiap tahun ada banyak guru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pensiun. Sehingga kebutuhan guru ini sangat mendesak.

”Untuk mengatasi hal tersebut kami mendorong Pemda untuk mengangkat para guru yang sudah lolos seleksi agar bisa memenuhi kebutuhan formasi guru di setiap daerah,” kata Nadiem dalam acara HUT PGRI ke 77 dan Peringatan Hari Guru Nasional, di Marina Convention Center, Semarang, Sabtu (3/12/2022).

Baca: Pelamar Lowongan PPPK Nakes di Kudus Ratusan Orang

Meski terdapat berbagai macam ketidaksempurnaan, tahun lalu 300.000 guru honorer sudah diangkat menjadi PPPK. Sementara tahun ini dibuka formasi guru PPPK sebanyak 320.000 guru.

Pihaknya juga telah berkoordinasi lintas Kementerian untuk memastikan bahwa anggaran gaji dan tunjangan guru PPPK tidak digunakan untuk kebutuhan lainnya.

”Bahkan tidak boleh untuk kebutuhan lain di bidang pendidikan. Hanya untuk guru PPPK untuk tahun depan,” tegas Nadiem.

Selanjutnya, anggaran bagi guru PPPK hanya akan ditransfer ke pemda setelah guru-guru honorer tersebut lolos seleksi PPPK.

Baca: Nadiem Sebut RUU Sisdiknas Jamin Kesejahteraan Guru

”Bapak Ibu ini adalah tiga kebijakan yang akan mendorong dan mengakselerasi janji kami untuk memastikan kesejahteraan guru di negara ini terjamin,” ungkapnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Ruangan komen telah ditutup.