Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Beredar Video Banjir Hancurkan Ribuan Rumah di Grobogan, BPBD: Itu Hoaks

Beredar Video Banjir Hancurkan Ribuan Rumah di Grobogan BPBD Itu Hoaks

Tangkap layar youtube. (Murianews)

Murianews, Grobogan – Sebuah video menarasikan banjir di Grobogan menghancurkan ribuan rumah beredar di kanal YouTube sejak 30 November 2022.

Video berdurasi 8 menit 6 detik itu diunggah oleh kanal YouTube Gembok Nusantara dan diberi judul “Ribuan Rumah Hancur Diterjang Banjir Bandang”.

Dalam judul memang tidak ada keterangan lokasi, namun narasi audio dalam video itu menyebutkan banjir yang terjadi di Desa Keyongan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan pada 27 November 2022.

Kepala Pelaksana BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih mengatakan, berita dalam video tersebut tidak benar.

’’Berita tersebut tidak benar alias hoaks. Kejadian banjir tanggal 27 November 2022 di Dusun Gempol, Desa Keyongan, Kecamatan Gabus hanya sekitar satu jam,’’ terangnya, Sabtu (3/12/2022).

Endang melanjutkan, banjir tersebut disebabkan hujan lebat di wilayah tersebut. Banjir berlangsung mulai pukul 16.30 WIB.

’’Sekitar pukul 17.30 WIB, banjir tersebut sudah surut,’’ paparnya.

Lebih lanjut, Endang menyatakan, banjir tersebut sempat menggenangi sekitar 51 rumah penduduk dan sekitar 25 hektar sawah.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.