Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Toko-Toko Elektronik di Kudus Kehabisan STB, Pembeli Kecele

Pembeli mendapatkan stok STB terakhir di salah satu toko elektronik di Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Sejumlah toko elektronik di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah Kehabisan set top box (STB) yang digunakan sebagai alat untuk menangkap siaran digital di pesawat TV analog.

Habisnya stok di sejumlah toko ini, dikarenakan tingginya animo masyarakat untuk membeli STB setelah TV analog di Kudus dimatikan sejak Jumat (2/12/2022) tengah malam. Dari pantauan Murianews banyak pembeli yang kecele tidak mendapatkan STB.

Anggi, salah satu warga yang mencari STB bahkan hingga mendatangi empat toko elektronik di Kudus hanya untuk mencari STB. Pasalnya, TV yang berada di rumahnya saat ini sudah tidak bisa menayangkan siaran TV analog.

”Sudah ke empat toko, habis semua stoknya,” katanya, saat ditemui di depan Plaza Elektronik, Kudus, Sabtu (3/12/2022).

Murianews juga mencoba mendatangi sejumlah toko elektronik di Kudus. Di antaranya di New Ideal Elektronik, dan Plaza Elektronik yang berada di Kecamatan Kota. Kemudian, Toko elektronik di Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kudus.

Baca: TV Analog Dimatikan, Toko Elektro di Kudus Diserbu Pembeli STB

Dari ketiga toko elektronik tersebut, stok STB yang mereka miliki sudah ludes terjual. Toko-toko tersebut begitu kewalahan melayani banyaknya pembeli yang mencari STB, hingga kehabisan stok.

”Dari awal buka itu pembeli STB sudah ramai full. Dari jam 08.00 dan jam 10.30 WIB sudah habis semua stoknya. Hari ini bisa menjual dua dus lebih STB, sekitar 100 pcs,” ujar Sulis,  penanggungjawab New Ideal Elektronik.

Pihaknya sudah meminta lagi ke distributor untuk mengirimkan kembali stok STB di tokonya. Namun, stok STB baru bisa dikirim sekitar Senin, (5/12/2022) lusa.

”Sudah minta stok lagi, tapi dikirimnya mungkin hari Senin, itu juga kalau memang ada barangnya. Karena infonya barangnya dibagi. Harganya juga sudah naik, sekitar Rp 20-25 ribu tergantung merek,” ucapnya.

Baca: 17 Ribu STB di Kudus Telah Tersalurkan ke Masyarakat Kurang Mampu

Senada, pemilik Toko Elektro Prambatan Lor, Masud Bachtiar juga menyebut, stok STB di tokonya habis sejak pukul 13.00 WIB. Dari pagi memang banyak warga yang mencari STB di tokonya.

”Hari ini bisa jual 100 pcs STB, ini stoknya sudah habis. STB yang saya jual di harga mulai Rp 200-280 ribu tergantung merek,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.