Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Keren! MAN 2 Banyumas Juara Robotik Internasional di Malaysia

Tim Robotika Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banyumas berfoto bersama usai menyabet gelar juara di kejuaraan robotik internasional bertajuk 11th World Robotic for Peace (WRP) 2022 di Malaysia. (Kemenag RI)

Murianews, Banyumas – Tim Robotik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banyumas berhasil menyabet gelar juara di kejuaraan robotik internasional bertajuk 11th World Robotic for Peace (WRP) 2022 di Malaysia.

Dalam kompetisi yang digelar International Robotic Training and Competition (IRTC) di Universitas Teknologi Malaysia mulai 29 November hingga 3 Desember 2022 itu, tim MAN 2 Banyumas tersebut berhasil mengalahkan 15 peserta dari 15 negara.

Tak  tanggung-tanggung, tim MAN 2 Banyumas sukses menggondol prestasi dalam dua kategori. Pertama, juara I The Best Point pada Robot Line Follower Analog. Timnya terdiri atas Faiz Khoirul Fuadi XI MIPA 2 dan Eka Erlangga Putra Syariful Hanan XI MIPA.

Baca: Tim Robotik MTsN 1 Pati Harum di Tingkat Asia

Kedua, juara I utama pada Robot Soccer IoT. Timnya terdiri atas Adan Syahrul Junior XI MIPA 4 Gitara Parasdya Abimanyu XI MIPA 6. Kedua tim ini berlomba di bawah bimbingan  Toto Prasetyo dan Singgih Hutomo Aji.

Kepala MAN 2 Banyumas Muhamad Siswanto, mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi Tim Robotik MAN 2 Banyumas. Menurutnya, ini adalah kali pertama prestasi madrasahnya pada kejuaraan internasional.

”Ini prestasi pertama kami di ajang internasional. Alhamdulillah bisa menyabet dua gelar juara sekaligus,” katanya dalam siaran pers di laman resmi Kemenag RI, Jumat (2/12/2022).

Menurutnya, saat ini, madrasah harus memiliki daya dorong dan melakukan loncatan dalam kemajuan melalui prestasi-prestasi yang dicapai. Lembaga pendidikan harus senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan.

”Agar memiliki daya ungkit atau daya dorong yang kuat, madrasah harus mengubah mindset. Sehingga yang tadinya berjalan biasa-biasa saja, maka dengan percepatan loncatan prestasi yang diraih siswa, menjadi madrasah yang luar biasa,” ucapnya.

Di dunia yang semakin tidak terbatas, menurutnya, para siswa perlu dilatih untuk memperluas jangkauan, tidak hanya dalam skala regional dan nasional, tapi juga internasional. Hal itu telah dibuktikan empat siswa MAN 2 Banyumas di ajang internasional WRP 2022.

Siswanto, panggilan akrabnya, berharap semua civitas akademika bergerak bersatu untuk mencapai itu. ”Momentum kali ini jadikan sebagai momentum bangkitnya madrasah,” tegasnya.

Baca: Kemenag Kembali Gelar Kompetisi Robotik Madrasah, Total Hadiah Rp 300 juta

Hal senada disampaikan Wakil kepala bidang Akademik MAN 2 Banyumas Sujono. Dia merasa senang dengan prestasi siswanya, terlebih di ajang internasional.

”Alhamdulillah, saya mewakili seluruh warga madrasah sangat bersyukur atas capaian prestasi siswa pada ajang internasional WRP 2022 di Kuala Lumpur Malaysia. Tentu saja, hal ini menjadi catatan sejarah yang sangat membanggakan bagi MAN 2 Banyumas,” tuturnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Ruangan komen telah ditutup.