Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Sebabnya Banyak Orang Sakit saat Pancaroba

Foto: Ilustrasi (Freepik)

Murianews, Kudus – Musim pancaroba atau peralihan musim kerap membuat orang sering sakit. Penyakit flu, demam, bahkan demam berdarah sering menyerang saat peralihan musim.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus, Jawa Tengah dokter Ahmad Syaifuddin mengatakan, cuaca yang berubah-ubah menjadi salah satu faktor orang menjadi sakit. Cepatnya perubahan faktor cuaca ini tidak diimbangi kecepatan respon tubuh.

”Cuacanya berganti dengan cepat. Dari cuaca yang awalnya panas, kemudian berganti menjadi hujan. Kondisi ini membuat daya tahan tubuh manusia menjadi cepat menurun,” katanya, Jumat (2/11/2022).

Perubahan cuacanya tergolong cepat yang menuntut tubuh untuk beradaptasi dengan cepat.

”Tetapi tubuh manusia itu kan tidak dapat merespon dengan cepat. Kegagalan tubuh untuk melakukan penyesuaian diri dari panas ke dingin maupun sebaliknya itu yang menyebabkan tubuh menjadi drop,” sambungnya.

Baca: Ini Vitamin yang Diperkukan untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan

Ia pun meminta masyarakat agar waspada dengan menerapkan pola hidup yang sehat, agar tidak mudah terserang penyakit.

”Penyakit tipes, influenza, dan DBD (Demam Berdarah Dengue, red). Penyakit yang berhubungan dengan infeksi seperti itu biasanya meningkat di musim pancaroba,” terangnya.

Imbauan juga diberikan oleh dokter Ahmad Syaifuddin. Yakni agar selalu menjaga kebersihan lingkungan.

”Kebersihan lingkungan harus dijaga. Selain itu istirahat dan makan cukup. Kemudian diimbangi dengan olahraga,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.