Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Piala Dunia 2022

Jepang ‘Ngedan’, Jerman ‘Tertendang’

Jepang Ngedan

Jepang ‘ngedan’ membuat Jerman ‘tertendang’. Para pemain Jepang merayakan kemenangan 2-1 mereka atas Spanyol di Piala Dunia 2022. (facebook.com/photo/?fbid)

Murianews. Doha – Jepang ‘ngedan’, Jerman ‘tertendang ’. Secara mengejutkan, wakil Asia Jepang kembali membuat kejutan. Mereka kembali ‘membunuh’ tim juara dunia di penyisihan Grup E.

Jepang dengan luar biasa berhasil menang 2-1 atas Spanyol, Jumaat (2/12/2022) dinihari WIB. Pada pertandingan yang digelar di Stadion Internasional Khalifa, mereka memastikan diri menjadi Juara Grup E.

Spanyol sempat unggul lebih dulu melalui gol Alvaro Morata pada menit ke-11. Berikutnya Jepang membalas melalui gol Ritsu Doan pada menit ke-48 dan Ao Tanaka pada menit ke-51.

Gol kedua Jepang, sempat memunculkan kontroversi, saat wasit meragukan prosesnya. Namun VAR (Video Asissten Wasit) memutuskan itu adalah gol syah bagi Jepang.

Sebelum gol terjadi, bola crossing Kaoru Mitoma dinilai sudah keluar dari garis. Namun dari VAR memastikan, bola masih dalam area permainan. Pendukung Jepang yang sempat menghentikan kegembiraan, sontak langsung berjingkrak gembira.

Meski berikutnya Jepang mendapatkan tekanan berat dari Spanyol, namun mereka tidak kehilangan fokus bermain. Mereka berhasil melewati pertandingan ini dan memenangkannya dengan 2-1.

Hasil ini membawa Jepang menjadi tim Asia ke-2 setelah Australia yang berhasil lolos ke 16 besar. Sebelumnya Australia sudah melakukan lebih dulu setelah menang atas Denmark di pertandingan terakhir fase grup.

BACA JUGA: Romelu Lukaku Sia-siakan Peluang, Belgia Pulang

Kemenangan Jepang juga membuat Jerman ‘tertendang’ dari turnamen. Kemenangan 4-2 mereka atas Kostarika di Stadion Al Bayt menjadi sia-sia. Jumlah gol mereka masih kurang banyak, untuk menggeser Spanyol di posisi runner-up grup E.

Hasil ini menjadi hasil buruk yang diraih Jerman di beberapa Piala Dunia yang mereka ikuti. Dalam dua kali berturut-turut, Jerman tersingkir dari babak penyisihan grup yang mereka ikuti.

Sebaliknya, bagi Jepang ini adalah hasil luar biasa yang mereka dapatkan di sepanjang keikutsertaannya di Piala Dunia. Mereka berhasil lolos ke fase gugur.

Klasemen Akhir Grup E Piala Dunia 2022;
1. Jepang (6) | 2. Spanyol (4) | 3. Jerman (4) | 4. Kostarika (3) |

 

Penulis: Budi Santoso
Editor: Budi Santoso

Ruangan komen telah ditutup.