Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Menkes Targetkan Vaksinasi Polio di Pidie Aceh Rampung Sepekan

Menkes Targetkan Vaksinasi Polio di Pidie Aceh Rampung Sepekan

Ilustrasi Polio (Pixabaycom)

Murianews, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menargetkan untuk vaksinasi polio di Pidie, Aceh akan rampung dalam waktu sepekan. Semenara jumlah anak yang dilakukan vaksinasi ini sebanyak 91.000 anak.

Dia juga mengatakan, tidak semua anak-anak mendapatkan vaksin polio ini, melainkan dibatasi hingga anak-anak usia 12 tahun ke bawah.

”7 hari kita mau selesaikan. Satu pidie tuh 91.000. Targetnya kan anak-anak ya sampai di bawah 12 tahun,” kata Budi, diutip dari Kompas.com, Jumat (2/12/2022).

Budi mengatakan, seluruh vaksin polio itu didapat pemerintah dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Setelah itu, semua vaksin polio sudah dikirim ke Aceh untuk program vaksinasi.

Baca: Ini Fakta Tentang Penyakit Polio yang Penting Diketahui Masyarakat

”Vaksinnya itu yang punya WHO. Indonesia secara formal sudah tidak memiliki lagi karena kita sudah eradikasi kan. Jadi itu cepat sekali, kontak WHO itu enggak sampai seminggu, kita lobi sampai Dirjen WHO kita dapat vaksinnya dikirim tuh. Kita punya,” ungkapnya.

Menurut Budi, sumber virus polio yang menyerang seorang anak berusia 7 tahun di Pidie berasal dari buang air besar (BAB) seorang anak lain yang baru saja divaksinasi polio.

”Biasanya penularannya kan lewat air besar itu. Air besar itu masuk ke anak yang belum divaksin, anak itu kena,” ujar Budi.

Baca: Atasi Polio, Pemprov Gelar Vaksinasi Massal untuk Semua Anak di Aceh

Hal itu terjadi karena perilaku BAB itu masih dilakukan di tempat terbuka yakni di sungai. Padahal sungai juga digunakan masyarakat untuk berbagai kegiatan hingga tempat bermain anak-anak.

”Jadi virus ini masuk berasal dari vaksin. Kenapa kok bisa masuk? Karena vaksinasi tidak merata. Kalau vaksinasinya merata, virus yang dari vaksin ini kalau masuk ke anak, anaknya sudah divaksin, itu enggak ada masalah,” tuturnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.