Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Wisata ke Waduk Kubangkangkung, Satu-satunya Waduk di Cilacap yang Ada di Tengah Hutan Jati

Wisata ke Waduk Kubangkangkung Satu satunya Waduk di Cilacap yang Ada di Tengah Hutan Jati

Foto: Waduk Kubangkangkung Cilacap (ptpnix.co.id)

Murianews, Cilacap – Wisata di hutan yang ada di kawasan pegunungan barangkali sudah biasa dilakukan. Selain sendiri, wisata di hutan juga dilakukan dengan orang tercinta, relasi dan keluarga.

Namun, bagaimana dengan wisata di tengah waduk? Barangkali belum banyak yang piknik ke tempat seperti ini.

Nah, bagi yang pingin punya suasana liburan lain, wisata di waduk bisa jadi alternatifnya. Ada banyak waduk yang bisa didatangi, salah satunya adalah Waduk Kubangkangkung di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Baca juga: Wisata Hutan Payau di Pinggir Segara Anakan Cilacap, Cocok buat Tempat Healing

Selama ini, orang tahunya di Cilacap hanya ada wisata pantai saja. Tapi di sini juga ada waduk meski hanya satu tempat.

Namanya Waduk Kubangkangkung. Satu-satunya waduk di Cilacap ini ada di Kecamatan Kawunganten.

Melansir dari laman visitjawatengah, Kamis (1/12/2022), konon di waduk tersebut adalah kubangan air yang ditumbuhi kangkung sehingga akhirnya dinamakan Kubangkangkung. Itulah kenapa ikon yang dibangun di tengah Waduk Kubangkangkung berbentuk kangkung. Yang mungkin sekilas orang akan berpikir itu lebih mirip bunga teratai dari pada kangkung.

Waduk Kubangkangkung ini berada di tengah hutan jati. Jika kalian akan ke Pangandaran atau Bandung dari Cilacap Kota, kalian akan melewati hutan jati yang lebat dengan jalan berliku-liku.

Tidak ada rumah penduduk di hutan itu. Hanya ada Waduk Kubangkangkung di tengah hutan. Paling jika siang ada beberapa warung pinggir jalan yang berjualan es kelapa muda dan gorengan. Jika malam, jalanan gelap dan sunyi walau menjadi jalan penghubung antar propinsi.

Terkesan mistis memang tapi bila kalian ke Waduk Kubangkangkung siang hari, tidak seseram itu keadaannya. Di Waduk Kubangkangkung ada banyak wahana permainan anak dan beberapa spot swafoto. Kalian bisa menikmatinya bersama keluarga, teman, atau yang tersayang.

Pemandangan yang menjadi ciri khas Waduk Kubangkangkung ini tentunya genangan air berupa waduk yang dikelilingi hutan jati. Suasana rindang pepohonan dengan angin semilir sambil menikmati pemandangan waduk bisa menjadi pilihan pengunjung. Dan jangan lupa kopi dan mendoannya yang bisa dipesan di warung-warung pinggir waduk.

Selain pemandangan alami waduk, kalian juga bisa mencoba beberapa wahana permainan dan spot foto. Antara lain, istana balon, kolam renang, dan perahu bebek.

Kemudian ada juga Zazax Koebang. Ini adalah salah satu wahana di Waduk Kubangkangkung. Berbentuk jembatan mengapung yang menghubungkan antara satu sisi waduk dengan sisi yang lain.

Jembatan ini terbuat dari kayu yang bawahnya drum yang membuat jembatan ini mengapung. Di tengah jembatan ada beberapa tempat duduk, tanaman, dan ornamen yang bagus untuk swafoto.

Selain 4 wahana dan spot swafoto di atas juga ada terapi ikan, kereta listrik, mandi bola, ATV, dan mini trail. Beberapa ornamen juga menghiasi jalan setapak seperti payung dan ban yang bagus juga digunakan untuk spot swafoto. Ada juga dyno park, naga, taman, panggung yang bisa digunakan untuk swafoto juga. Mau swafoto yang alami tanpa cat warna-warni? Pohon jati di sekitar waduk juga tertata rapi, cocok untuk foto lebih terkesan natural.

Banyak kan? Kalian bisa pilih sesuai selera. Semua wahana permainan dan spot swafoto ada yang gratis ada juga yang berbayar dari Rp 3.000 sampai Rp 20.000. Fasilitas penunjang lain seperti kamar mandi, musala, dan warung juga tersedia. Setiap weekend biasa juga ada event tambahan dari pihak pengelola.

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Ruangan komen telah ditutup.