Kamis, 28 Maret 2024

Suka Makan Ikan Kakap? Ketahui, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Murianews
Kamis, 1 Desember 2022 23:43:05
Foto: Ikan kakap (Janette dari Pixabay)
Murianews, Kudus – Makan ikan sangat dianjurkan, terutama bagi anak-anak. Pasalnya, banyak kandungan gizi yang terdapat ikan dan sangat bermanfaat pada perkembangan anak. Bahkan, pemerintah beberapa waktu lalu sudah gerakan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Gerakan ini dibuat supaya rakyat Indonesia, khususnya anak lebih banyak mengonsumsi sumber protein ini. Ada banyak jenis ikan yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Masing-masing ikan ini punya kandungan gizi tersendiri. Baca juga: Ini Cara Tepat Mengolah Ikan Tongkol biar Gizinya Tidak Hilang Salah satu jenis ikan yang sering dikonsumsi adalah ikan kakap. Ikan kakap adalah ikan yang punya kandungan protein cukup tinggi. Selain memiliki rasa yang enak, manfaat ikan kakap juga sangat banyak. Melansir dari Halodoc, Kamis (1/12/2022), ikan kakap memiliki kandungan protein yang tinggi. Setidaknya ada sekitar 20,51 gram protein dalam ikan kakap seberat 100 gram. Meski kandungan proteinnya tinggi, kalori ikan kakap terbilang rendah. Alhasil, ikan satu ini memang menjadi pilihan menu yang baik untuk diet. Lalu, apa saja manfaat ikan kakap untuk kesehatan? Berikut beberapa di antaranya berdasarkan kandungan nutrisinya: 1. Kandungan lemak baik Rutin mengonsumsi ikan kakap tidak membuat kadar lemak dalam tubuh naik. Sebab, lemak dalam ikan masuk dalam kategori lemak baik, yaitu lemak tak jenuh. Jenis lemak ini memiliki manfaat untuk mendukung kesehatan organ jantung. Tak hanya itu, ikan kakap juga mengandung asam lemak omega-3 sebanyak 0,31 gram dalam 100 gram porsinya. Kandungan ini sangat baik untuk menurunkan risiko terserang penyakit jantung sekaligus mengendalikan kadar kolesterol darah. 2. Kandungan mineral Manfaat ikan kakap selanjutnya bisa kamu peroleh dari mineralnya. Sebanyak 100 gram ikan kakap mengandung mineral berikut:
  • Zat besi sebanyak 0,18 miligram.
  • Zink sebanyak 0,36 miligram.
  • Kalsium sebanyak 32 miligram.
  • Fosfor sebanyak 198 miligram.
Kandungan mineral pada ikan kakap ini tentunya memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh. Sebagian besar mineral dalam ikan kakap memiliki peran penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan sel pada tubuh. 3. Kandungan vitamin Selain asupan mineral, mengonsumsi ikan kakap secara rutin juga membantu memenuhi asupan vitamin harian tubuh. Berikut vitamin dan jumlahnya yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi 100 gram ikan kakap:
  • Vitamin D sebanyak 408 IU.
  • Vitamin A sebanyak 106 IU.
Tak ketinggalan, kandungan vitamin B kompleks yang terdiri dari vitamin B1, B2, B3, dan B9 atau folat. Vitamin B kompleks memiliki fungsi penting untuk kesehatan otak. Sementara itu, vitamin D baik untuk kesehatan tulang, dan vitamin A berperan penting untuk kesehatan mata. Berapa Banyak Sebaiknya Mengonsumsi Ikan Kakap dalam Sehari? Kamu dapat mengonsumsi ikan kakap sebagai lauk makan setiap hari. Porsinya yaitu sebesar 40 gram atau sekitar setengah dari ukuran telapak tangan. Meski manfaat ikan kakap untuk kesehatan sangat beragam, cara mengolah yang tidak tepat justru membuat kamu kehilangan manfaat tersebut. Sebaiknya, kamu menghindari menggoreng ikan. Cara ini hanya membuat ikan memiliki kandungan lemak jahat yang lebih tinggi. Tentu saja hal ini akan membuat kadar lemak jahat dalam tubuh meningkat. Mengolah dengan cara direbus atau dipanggang bisa menjadi opsi lain untuk menyantap ikan kakap. Meski kandungan nutrisinya begitu berlimpah, sebaiknya kamu tetap mengimbangi dengan asupan protein lainnya. Misalnya daging merah tanpa lemak, telur, tahu, dan tempe.     Penulis: Dani Agus Editor: Dani Agus Sumber: halodoc.com

Baca Juga

Komentar